Polisi Sita Motor Berknalpot Bising

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Metro Depok, Ajun Komisaris Besar Polisi, M. Indra Waspada (Istimewa)

MARGONDA- Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Metro Depok berhasil menjaring delapan sepeda motor berknalpot bising. Oleh petugas, para pengendaranya kemudian diberikan sanksi tilang dan motornya disita.

Baca Juga: Polisi Ancam Sita Motor Pelaku Balap Liar GDC  

Kepala Satlantas Polres Metro Depok, AKBP Andi M Indra Waspada memastikan, operasi knalpot bising itu bakal digelar secara rutin di sejumlah titik utama di wilayah Depok.

Operasi tersebut bertujuan untuk menjaga gangguan dan menciptakan keamanan serta ketertiban di masyarakat.

“Karena memang knalpot bising ini meresahkan masyarakat pengguna jalan,” katanya pada Selasa 16 Maret 2021

Pada hari pertama operasi, polisi berhasil menindak sebanyak delapan pengendara motor. Petugas terpaksa memberikan sanksi tilang untuk memberikan efek jera pada pelanggar.

“Ini adalah diskresi kepolisian, untuk memberikan efek jera. Jadi ketika nanti kita lakukan penindakan terbukti ternyata knalpotnya tidak sesuai standar atau spesifikasi alias knalpot bising, itu kita amankan, kemudian kita lakukan penilangan secara elektronik.”

Denda tilang, lanjut Indra, bisa disetorkan ke bank. Setelah itu, pelanggar bisa kembali mendatangi Satlantas Polres Metro Depok dengan menyertakan bukti pembayaran.

“Saat mengambil motornya yang kami sita, pelanggar juga harus membawa knalpot standar dan langsung dipasang saat itu juga, sementara knalpot bisingnya kami sita untuk barang bukti,” tuturnya (rul/*)