Polisi Ringkus Ibu Muda Pelaku Penipuan Investasi Bodong

Ilustrasi penipuan investasi bodong (Foto: Istimewa)
Ilustrasi penipuan investasi bodong (Foto: Istimewa)

BOJONGGEDE- Seorang ibu rumah tangga terpaksa berurusan dengan polisi lantaran diduga sebagai pelaku penipuan investasi bodong. Modusnya, pelaku menjanjikan korban dengan iming-iming sembako dan uang puluhan juta rupiah.

Kasus ini terungkap setelah sejumlah korbannya melapor ke polisi. Dari proses penyelidikan itu, petugas akhirnya berhasil meringus pelaku di tempat persembunyiannya di wilayah Bojonggede, belum lama ini.

“Yang bersangkutan diringkus di tempat kontrakannya saat sedang bersama keluarga,” kata Kapolsek Bojonggede, AKP Dwi Susanti dikutip pada Sabtu 26 Juni 2021.

Pelaku diketahui berinisial Y (25 tahun). Ada pun korban investasi bodong itu berjumlah sekira empat orang dengan total kerugian diperkirakan ratusan juta rupiah.

“Rata-rata korbannya ini ibu rumah tangga dengan nilai investasi masing-masing puluhan juta. Modusnya investasi paket sembako lebaran,” jelas Dwi.

Menguak Modus Investasi Bodong

Dwi menerangkan, pelaku bisa dengan mudah memperdayai para korban karena menjanjikan keuntungan yang cukup tinggi.

Dari tangan tersangka, polisi menyita sejumlah barang bukti dugaan hasil kejahatan, seperti bukti transferan uang para korban dan dua handphone jenis Oppo.

Baca Juga: Ayu Ngaku Jadi Korban Penipuan Berkedok Jual Rumah Murah

Akibat perbutannya itu, ibu dua anak tersebut dijerat dengan Pasal 378 junto 372 tentang penipuan dan penggelapan. Ancamannya sekira empat tahun penjara.

“Motif pelaku melakukan penipuan ingin memiliki uang dan digunakan untuk kebutuhan pribadi sehari-hari,” kata Dwi. (rul/*)