Polisi Gulung Komplotan Penipu Tabung Oksigen, Beraksi Via Medsos

Tabung oksigen langka di Depok (DepokToday.com)
Tabung oksigen langka di Depok (DepokToday.com)

JAKARTA- Polisi berhasil meringkus pelaku penipuan tabung oksigen yang melancarkan aksinya di media sosial. Ternyata mereka bersembunyi di wilayah Sulawesi Selatan. Komplotan tersebut dibekuk tim khusus Polda Metro Jaya.

Dari hasil penyelidikan itu terungkap, para pelakunya masing-masing berinisial ATKG, SA, dan AS. Komplotan penipu ini menjerat korbannya menggunakan media sosial.

Mereka mempromosikan diri seolah-olah menjual tabung oksigen melalui akun @umina_collection99.

“Para pelaku penipuan memanfaatkan situasi kelangkaan tabung oksigen di tengah kasus COVID-19 yang meroket. Celakanya, warga banyak yang tertipu para pelaku ini,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus, Jumat 10 Juli 2021.

Dari pengakuan para tersangka terungkap, para korban yang tertarik kemudian diminta mengirimkan sejumlah uang kepada pelaku.

Namun, saat uang telah dikirim, pelaku tidak mengirimkan barang seperti yang telah dijanjikan.

“Tiga tersangka ini memanfaatkan momen ini dengan mencari keuntungan dengan menawarkan tabung gas oksigen melalui media sosial. Uang sudah ditransfer tapi barangnya tidak ada,” jelasnya.

Ketiga tersangka memiliki perannya masing-masing. ATKG diketahui berperan sebagai pemilik akun @umina_collection99 yang menawarkan barang tersebut di media sosial.

Sedangkan, dua tersangka lainnya, SA dan AS berperan sebagai pemilik dan penyedia nomor rekening yang akan digunakan sebagai tempat menampung uang dari calon pembeli yang tertipu.

Atas perbuatanya itu, para pelaku bakal dijerat Pasal 28 ayat 1 Undang-Undang Nomor (UU) 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Atau Pasal 378 KUHP, Pasal 8 ayat 1 UU Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, Pasal 45a ayat 1 UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang ITE. Ancamannya enam tahun penjara.

Jadi Korban Penipuan Tabung Oksigen, Segera Lapor

Sementara itu, Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Auliansyah Lubis menambahkan, pihaknya menyadari tingginya kebutuhan masyarakat akan tabung gas oksigen di tengah penyebaran virus Corona saat ini.

Untuk itu, dia meminta warga yang merasa pernah menjadi korban penipuan serupa segera melapor ke polisi.

“Kalau meminta masyarakat jika mengetahui ada penimbunan tabung oksigen ataupun obat-obatan, maka silakan melaporkan kepada kami,” katanya.

Baca Juga: Zona Merah COVID, Tabung Oksigen Langka di Depok

Pihak kepolisian memastikan akan memberikansanksi tegas tanpa pandang bulu akan diberikan kepada para pelaku.

“Saya menekankan bagi orang-orang yang mencoba mencari kesempatan di dalam susahnya masyarakat saat ini, kami tidak main-main dan akan kami tindak, tidak ada ampun,” kata Auliansyah. (rul/*)