Polisi Gulung Komplotan Pencuri Sepeda Mewah di Depok

Pencurian sepeda (DepokToday, Rul)

MARGONDA– Satuan Reskrim Polres Metro Depok berhasil meringkus para pelaku pencurian yang menyasar sepeda mewah. Komplotan ini, biasanya menjual barang jarahannya itu melalui media sosial (medsos) dengan harga yang jauh lebih murah dari pasaran.

Sahid Nurfatah (26 tahun) dan Reynaldo George Peea (21 tahun) hanya bisa pasrah ketika petugas menggelandangnya ke Markas Polres Metro Depok pada Jumat 28 Februari 2020. Dari tangan kedua pelaku ini, polisi berhasil mengamankan sebanyak delapan unit sepeda mahal dari berbagai merek.

Berdasarkan catatan polisi, rata-rata sepeda yang dicuri pelaku seharga Rp 40 juta-an. Namun, begitu di jual di medsos hanya senilai Rp 3,5 juta sampai Rp 700 ribu. Padahal, nilai jual sepeda tersebut meski bekas yakni, sekira Rp 20 juta-an.

Kapolres Metro Depok, Komisaris Besar Polisi Azis Andriansyah menuturkan, para pelaku mengaku telah melancarkan aksinya sejak Oktober 2019. “Pengakuannya sejak Oktober 2019 silam, dalan satu pekan mereka bisa menggasak satu unit sepeda. Jadi dugaan sementara ada sekira 20-30 unit sepeda, sementara ini barang buktinya ada delapan unit sepeda ya,” katanya

Kedua pelaku, jelas Azis, memasarkan sepeda hasil curiannya melalui sosial media. Setelah ada calon pembelinya, para pelaku pun menggunakan sistem cash on delivery atau COD.

“Jadi mereka ini bertemu langsung untuk pembayaran. Ada yang hanya dijual Rp 1 juta, Rp 700 ribu juga ada. Padahal, jenis sepeda begini, yang bekasnya aja Rp 20 juta-an. Kalau barunya sekitar Rp 40 juta-an,” tuturnya

Atas perbuatannya itu, para pelaku terancam dijerat Pasal 363 KUHP dengan ancaman kurungan penjara diatas lima tahun. Kasusnya kini dalam pengembangan lebih lanjut. “Kami akan terus dalami kasus ini, karena bukan tidak mungkin ada pelaku lain dan korbannya bertambah.” (rul/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here