Polisi Gadungan Digulung Buser Usai Peras Kru Film di Sawangan

Ilustrasi penipuan dan pemerasan (Istimewa)

DEPOK- Pelaku pemerasan dengan modus berpura-pura sebagai anggota polri berhasil dibekuk Tim Buru Sergap (Buser) Polsek Sawangan pada Kamis, 8 April 2021. Disinyalir, kejahatan ini dilakukan secara berkelompok.

Kapolsek Sawangan, Ajun Komisaris Polisi Rio Mikael Tobing, menyebut, kasus ini terungkap setelah korbannya, JN (43 tahun) yang merupakan kru film, mengaku diperas sebesar Rp 10 juta oleh sejumlah orang yang mengaku sebagai polisi.

“Jadi modusnya ini, si pelaku menuduh korban sebagai maling. Korban diperas Rp 10 juta. Pelaku mengancam akan memproses jika tuntutannya tidak dipenuhi,” kata Rio

Baca Juga: Wanita di Depok Ketipu Dinikahi Polisi Gadungan Berpangkat Kombes

Ketika beraksi, pelaku tak sendiri. Korban yang ketakutan akhirnya hanya bisa pasrah saat pelaku dan kawanannya mengambil paksa sejumlah uang tunai berikut ponsel.

“Korban cuma punya uang Rp 300 ribu, dan itu dibawa pelaku beserta satu unit Hp.”

Karena merasa ada yang janggal, korban kemudian mendatangi Polsek Sawangan dan menceritakan kejadian pahit yang dialaminya itu.

Tak butuh waktu lama, polisi akhirnya berhasil meringkus salah satu pelaku dari komplotan tersebut. Ia berinisial ML (25 tahun). Atas perbuatannya itu, sang polisi gadungan tersebut dijerat dengan Pasal 368 Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP). Kasusnya kini dalam penyelidikan lebih lanjut.

“Saat ini kasusnya masih kami kembangkan karena diduga masih ada pelaku lain,” kata Rio. (rul/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here