Polisi Bikin Kapok Bandit yang Berulah di Depok

Polisi ringkus geng motor (DepokToday, Rul)

MARGONDA– Sejumlah pelaku geng motor yang kerap membuat ulah di Kota Depok akhirnya diringkus polisi. Dalam aksinya, kelompok yang menamankan diri mereka RDH ini dikenal sadis dan sering kali melakukan perampasan harta benda.

Kapolres Metro Depok, Ajun Komisaris Besar Polisi Azis Andriansyah mengungkapkan, kali ini pihaknya berhasil meringkus lima orang pelaku terkait kasus tersebut. Mereka masing-masing Ilham Zuandri alias Ilham (22 tahun), Dede Saputra alias Cocot (22 tahun), RDR alias Rama (18 tahun), Wahyu Subyanto alias Wahyu (20 tahun) dan AS (17 tahun).

Kelima bandit jalanan itu diringkus di tempat persembunyiannya masing-masing di wilayah pinggiran Kota Depok, tepatnya sekitaran Citayam, Pancoran Mas dan Bojonggede pada Senin 2 Desember 2019.

“Kami sampaikan dulu bahwa di Kota Depok permasalahannya cukup kompleks, terutama gangguan Kantibmas, namun kami tetap bekerja keras untuk memberikan rasa nyaman pada warga,” kata Azis pada wartawan

Beberapa waktu lalu, ujar Azis, Depok kerap diresahkan dengan kasus tawuran, dan sekarang ini aksi pencurian kendaraan bermotor atau yang lebih dikenal dengan sebutan Curanmmor. Terkait hal itu, pihaknya pun terpaksa melakukan tindakan tegas.

Untuk kasus, geng motor kelompok tersebut biasa berulang jelang subuh atau dinihari, sekira pukul 01:00 WIB hingga pukul 03:00 WIB. Sasaran mereka rata-rata adalah pedagang, seperti penjual nasi goreng atau warung klontong.

“Komplotan ini mengambil barang handphone motor dan lainnya, terjadi selama dua Minggu kurang lebih dan berhasil kami amankan.”

Adapun modus para pelaku, lanjut Azis, ialah dengan cara berkelompok kemudian berkeliling menggunakan motor dan mencari sasaran secara acak. “Biasanya korban akan ditakuti menggunakan sajam (senjata tajam) hingga lari meninggalkan harta bendanya,” kata Azis

Dari hasil penyelidikan, diduga masih ada pelaku lain yang ikut terlibat dalam kasus serupa. “Saat ini kami fokus untuk memberantas begal di Kota Depok. Mereka akan kami jerat dengan pasal 368 tentang perampasan yang ancamannya diatas lima tahun penjara,” katanya di dampingi Kasat Reskrim Polres Metro Depok, Komisaris Polisi Deddy Kurniawan

Azis menambahkan, pihaknya tidak akan tinggal diam terhadap para pelaku yang membuat resah di Kota Depok, khususnya modus begal atau geng motor.

“Pertama kami lakukan tindak tegas dan kami publish ke masyarakat, dan juga kami imbau masyrakat serta kami tingkatkan patroli. Paling penting peran masyarakat agar bisa menjaga diri sendiri lebih baik lagi.”

Sementara itu Cocot dan kawan-kawan mengaku kapok berurusan dengan polisi di wilayah Depok. “Ampun pak saya khilaf,” katanya dengan mata berkaca-kaca

Selain meringkus para pelaku, polisi juga menyita sejumlah senjata tajam dan berhasil mengamankan motor hasil curian. Guna penyelidikan lebih lanjut kasusnya ditangani Polres Metro Depok. (rul/*)