Pokja Wartawan Siap Bersinergi untuk Kota Depok

0
171
Kapolres Metro Depok AKBP Azis Andriansyah (tengah topi) bersama sejumlah anggota Pokja Wartawan Depok (Istimewa)

BOGOR– Kelompok Kerja (Pokja) Wartawan Kota Depok menggelar Musyawarah Kerja (Muker), di salah satu hotel ternama di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat. Agenda yang berlangsung selama dua hari itu diantaranya membahas sinergitas antara wartawan dengan sejumlah stakeholder terkait.

“Ini adalah agenda rutin tahunan yang kami gelar dan melibatkan sejumlah pimpinan instansi dan pihak swasta,” kata Ketua Pokja Wartawan Depok, Rina Ratna Purnama, Senin 9 Desember 2019.

Kegiatan Muker tersebut, jelas Rina, dilakukan selama dua hari, yakni pada Sabtu 7 Desember 2019 hingga Minggu 8 Desember 2019. Ada beberapa point yang dihasilkan oleh sejumlah wartawan mainstream tersebut. Diantaranya terkait dengan sinergitas antar instansi terkait.

“Sinergitas perlu dibangun agar terjalin suasana yang baik antara narasumber dan jurnalis. Ini kami rasa perlu karena terkait dengan profesi,” katanya

Kemudian, lanjut Rina, jelang tahun politik, pihaknya akan tetap bersikap netral sesuai kode etik jurnalistik. “Tentunya dalam hal ini (sikap) Pokja Wartawan Depok tegak lurus, artinya tidak berpihak pada kepentingan golongan ataupun perorangan,” tegas wartawan Sindo tersebut.

Sekertaris Jenderal Pokja Wartawan Depok, Zahrul Darmawan  menambahkan, pihaknya siap mengawasi kebijakan yang diberlakukan oleh Pemerintah Kota Depok.

“Peran penting jurnalis salah satunya adalah kontrol sosial. Dalam point ini sikap kami jelas dan tegas, yakni akan selalu mengawasi dan mengkritik, tentunya kritik untuk membangun,” kata wartawan VIVAnews yang akrab disapa Arul itu.

Sementara itu, Kapolres Metro Depok, Ajun Komisaris Besar Polisi, Azis Andriansyah mengatakan, media memiliki peran penting dalam mengawal peradaban sebuah bangsa. “Kita semua tahu, media punya banyak fungsi dan itu semua sangat dibutuhkan dalam era demokrasi saat ini,” katanya

Azis pun mengaku bersyukur lantaran selama ini pihaknya telah menjalin hubungan yang cukup baik dengan awak media, khususnya dengan Pokja Wartawan Depok.

“Banyak capaian-capaian yang telah kami buat semakin eksis di luar sana. Ini tentunya berkat kolaborasi yang baik antara Pokja dengan kami. Jika niatnya baik, Insya Allah hasilnya pun akan baik, ini jugalah yang selalu saya sampaikan kepada jajaran.”

Keluarga besar Pokja Wartawan Depok (istimewa)

Tak hanya dihadiri oleh Kapolres dan jajaran, kegiatan Muker Pokja Wartawan Depok 2019 ini juga dihadiri perwakilan petinggi Rutan Depok, Puang Dirham, perwakilan Kantor Informasi dan Publikasi (KIP) Universitas Indonesia (UI), dan Kodim 05/08 Depok dan sejumlah pihak lainnya.

Kemudian, selain membahas sejumlah agenda, kegiatan ini juga menjadi ajang untuk mempererat tali silaturahmi antar keluarga anggota Pokja Wartawan Depok dan instansi terkait lainnya. (rul/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here