PKS Bakal Tinggalkan Petahana di Pilkada Depok?

0
243
Tiga kader internal PKS yang diusung sebagai kandidat bakal calon Wali Kota Depok (DepokToday, Rul)

MARGONDA– Pengurus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) akhirnya mengumumkan tiga nama kandidat bakal calon Wali Kota Depok periode 2021-2026. Ketiganya adalah kader internal yang saat ini duduk dibangku legislatif.

Sekertaris Umum DPD PKS Depok, Teuku Muhammad Yusufsyah Putra mengungkapkan, ketiga nama tersebut merupakan hasil seleksi dari proses penjaringan tahap satu yang diikuti oleh kader internal partai pada 2019 lalu. Adapun ke-lima nama yang sempat bersaing itu yakni, Amri Yusra, Moh. Hafid Nasir, Suparyono, Imam Budi Hartono dan T. Farida Rachmayanti.

Kemudian setelah melalui proses sosialisasi ke masyarakat diikuti dengan survey kedua, dari lima nama tadi akhirnya mengkrucut jadi tiga bakal calon wali kota. Mereka adalah Moh. Hafid Nasir, Imam Budi Hartono dan T. Farida Rachmayanti. Pengumuman itu dilakukan di Kantor DPD PKS Depok, pada Selasa 21 Januari 2020.

Putra mengatakan, setelah dirilis maka PKS Depok menugaskan ketiga bakal calon itu untuk melakukan sosialisasi dan komunikasi ke masyarakat, partai politik, komunitas dan ormas.

“Mekanisme itu dilakukan dalam rangka untuk memperluas jaringan mereka yang kelak akan diukur kembali kelayakannya sebagai bakal calon wali kota dan kemudian kita rekomendasikan ke tingkat pusat (DPP),” katanya

Lebih lanjut pria yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Depok itu menegaskan, sampai saat ini pihaknya belum berbicara tentang bakal calon pendamping (wakil wali kota), karena masih fokus untuk melakukan seleksi ketiga nama tersebut.

“Sampai nanti pada waktu yang ditentukan kami akan bicara tentang wakil wali kota. Mekanisme partai kami memang begitu,” ujarnya

Ketika disinggung soal peluang petahana (Mohammad Idris), Putra menegaskan, sampai saat ini pihaknya masih fokus pada kader internal partai.

“Proses yang kita lakukan sesuai mekanisme partai. Keputusan akhir nanti ada di DPP jadi kita fokus diinternal, kalau yang lain diluar kapasitas kita. Yang penting saya, DPW dalam hal ini tiga orang itu yang terpilih.”

Sementara itu Ketua DPD PKS Depok, Hafid Nazir mengatakan, ini adalah momentum ataupun tahapan dari sekian tahapan yang sudah dilakukan pihaknya menuju penetapan bakal calon wali kota dan bakal calon wakil wali kota yang akan ditetapkan pada 8 Juli 2020.

“Sekali lagi kami tegaskan, yang direkomendaksikan DPW hanya kader internal yang nantinya akan disampaikan ke DPP. Kami belum berfikir bakal calon wakil wali kota, namun kami juga sudah melakukan komunikasi politik dengan partai lain untuk Depok lebih baik lagi,” katanya

Untuk diketahui, pada Pilkada Depok 2016 lalu, PKS sukses mengantarkan Mohammad Idris sebagai Wali Kota Depok bersanding dengan Pradi Supriatna dari Partai Gerindra.

Dan merunut pada hasil Pemilu 2019, partai-partai yang dapat mengajukan calon sendiri karena memiliki 10 kursi DPRD atau lebih di kota Depok adalah Partai Keadilan Sejahtera (12 kursi), Partai Gerindra (10 kursi), dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (10 kursi). (rul/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here