Pilkada Depok Dihelat Desember 2020

Ketua KPU Kota Depok, Nana Shobarna.(Foto: twitter.com)

PANCORAN MAS-Pilkada serentak tahun 2020, termasuk Kota Depok, yang ditunda akibat pandemi virus Corona akhirnya dipastikan dihelat pada bulan Desember 2020. Sebelum virus Corona mewabah, Pilkada Depok dijadwalkan pada 23 September 2020.

Kepastian pilkada serentak digelar akhir tahun ini setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2020.

“Pemungutan suara serentak yang ditunda sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilaksanakan pada bulan Desember 2020,” demikian tertulis dalam Perppu tersebut, pasal 201A ayat (2).

Menyikapi hal tersebut, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Depok, Nana Shobarn,  menyampaikan bahwa KPU Depok telah menerbitkan surat keputusan No. 36/HK.03.1-Kpt/3276/KPU-Kot/III/2020 tentang penundaan tahapan Pilkada 2020, dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

“Surat keputusan penundaan yang kita terbitkan ini berdasarkan pada keputusan KPU Pusat, dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19,” jelas Nana, Rabu (6/5/2020), seperti dikutip laman resmi KPU Depok.

Adapun penundaan tahapan Pilwalkot Depok, kata Nana, meliputi tahapan pelantikan Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan masa kerja PPS. Kemudian tahapan pembentukan Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) dan tahapan Pemutakhiran dan Penyusunan Daftar Pemilih.

“Jadi, setelah diterbitkannya Perppu Nomor 2 Tahun 2020 pada tanggal 4 Mei 2020 kemarin, menjadi terang benderang bagi kita bahwa pelaksanaan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Depok akan digelar pada Desember 2020,” terangnya.

“Semoga musibah Covid-19 yang tengah mewabah ini dapat segera berakhir. Dan Kami KPU Kota Depok juga mengajak seluruh masyarakat agar mengikuti protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah dan mentaati arahan pemberlakuan PSBB,” pungkasnya.

(rdt/*)