Piala Eropa 2020 Dimulai, Italia Petik Poin Tiga di Laga Perdana

Gol ketiga Italia ke gawang Turki.(Foto: Twitter @azzurri)
Gol ketiga Italia ke gawang Turki.(Foto: Twitter @azzurri)

ROMA—Gong Piala Eropa 2020 sudah ditabuh di Stadion Olimpico, Roma, Italia, Sabtu 12 Juni 2021 dini hari WIB.

Diawali dengan seremoni pembukaan Piala Eropa 2020 yang berkilauan cahaya, setelah itu barulah pertandingan antara Italia melawan Turki dimulai.

Suasana pembukaan Piala Eropa 2020 di Stadion Olimpico, Roma, Italia.(Foto: Twitter @azurri)
Suasana pembukaan Piala Eropa 2020 di Stadion Olimpico, Roma, Italia.(Foto: Twitter @azurri)

Bertindak sebagai tuan rumah, Italia yang tidak ingin malu di hadapan publik sendiri, langsung menguasai jalannya pertandingan.

DIBACA JUGA: Mengenal Tuan Rumah Piala Eropa 2020: Roma, Italia

Sejumlah peluang didapat Italia, salah satunya melalui tandukan kepala Giorgio Chiellini. Bola hasil sundulan Chiellini mampu ditepis oleh kiper Turki, Ugurcan Cakir. Peluang emas ini terjadi pada menit ke-22.

Peluang emas Italia di babak pertama.(Foto: Twitter @azzurri)
Peluang emas Italia di babak pertama.(Foto: Twitter @azzurri)

Menit ke-33 Italia kembali mendapat peluang. Namun bola sundulan Ciro Immobile yang memanfaatkan umpan silang Domenico Berardi hanya melenceng tipis dari tiang gawang Turki.

Meski banyak menyerang, tidak ada gol yang terjadi di sepanjang babak pertama. Skor imbang tanpa gol bertahan hingga jeda.

DIBACA JUGA: Gong Piala Eropa Segera Ditabuh, Turki Lawan Italia Jadi Laga Pembuka

Usai turun minum, babak kedua dimulai. Italia yang mengenakan kostum putih-putih tampil menekan.

Hasilnya pun positif. Menit ke-53, gol yang ditunggu-tunggu akhirnya terjadi. Namun bukan dihasilkan oleh pemain Italia, tetapi dari pemain belakang Turki, Merih Demiral, yang melakukan gol bunuh diri.

Unggul satu gol, Italia tetap mendominasi laga. Italia akhirnya menambah gol yang diciptakan Ciro Immobile menit ke-66. Skor berubah menjadi 2-0 untuk Italia.

DIBACA JUGA: Pembagian Grup dan Jadwal Pertandingan Piala Eropa 2020

13 Menit berselang setelah gol kedua, Italia berhasil menjauh dengan membuat gol ketiga. Kali ini Lorenzo Insigne yang membukukan gol setelah memanfaatkan blunder Ugurcan Cakir.

Gol Insigne itu menjadi yang terakhir di laga tersebut. Skor 3-0 tidak berubah hingga pertandingan babak kedua selesai. Italia menang dan mendapat tiga poin.

Hasil ini untuk sementara menempatkan Italia di posisi pertama klasemen Grup A Piala Eropa 2020. Sementara posisi Turki di dasar klasemen.

Pertandingan Grup A lainnya akan berlangsung nanti malam WIB antara Wales melawan Swiss di Baku, Azerbaijan.

(tdr/*)