Piala Emas Concacaf 2021 Dimulai, Sudah Berlangsung Empat Hari

Amerika Serikat tuan rumah Piala Emas Concacaf 2021.(Foto: Twiter U.S. Soccer MNT)
Amerika Serikat tuan rumah Piala Emas Concacaf 2021.(Foto: Twiter U.S. Soccer MNT)

DEPOK—Berakhirnya Copa America 2021 dan Piala Eropa 2020 bukan berarti tidak ada lagi pertandingan sepak bola. Saat ini giliran Piala Emas Concacaf 2021 yang unjuk gigi.

Bergulir dua tahun sekali, Piala Emas Concacaf adalah turnamen yang diikuti oleh negara-negara di Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Karibia atau sering disebut Concacaf.

Dilansir concacaf.com, Piala Emas awalnya melibatkan delapan tim. Namun Piala Emas telah berkembang menjadi kompetisi 16 negara, yang lolos melalui Liga Bangsa-Bangsa Concacaf dan Piala Emas Prelims.

Piala Emas telah mencapai tingkat popularitas yang luar biasa sebagaimana dibuktikan oleh kapasitas penonton dan jutaan pemirsa TV global.

Logo Piala Emas Concacaf.(Foto: concacaf.com)
Logo Piala Emas Concacaf.(Foto: concacaf.com)

Piala Emas telah diperebutkan sebanyak 15 kali, sejak kompetisi ini dimulai tahun 1963 di El Salvador di mana Kosta Rika jadi juara turnamen edisi pertama.

Edisi terakhir Piala Emas tahun 2019 yang merupakan tahun ke-15 dimenangkan oleh Meksiko. Pemenang kejuaraan ini didominasi Meksiko dengan delapan gelar juara diikuti oleh Amerika Serikat [AS] dengan enam kali juara dan Kanada dengan satu gelar juara.

AS merebut kejuaraan perdana pada tahun 1991, mengalahkan Honduras di final 4-3 melalui tendangan penalti setelah bermain imbang tanpa gol.

DIBACA JUGA: Sampai Jumpa Lagi di Piala Eropa 2024 di Jerman

Tahun itu, seluruh turnamen berlangsung di dua tempat di California Selatan, Los Angeles Memorial Coliseum dan Rose Bowl.

Sebagai bukti pertumbuhannya yang menakjubkan, pada tahun 2019, Piala Emas dimainkan di Karibia dan Amerika Tengah untuk pertama kalinya, dengan Jamaika dan Kosta Rika masing-masing menjadi tuan rumah pertandingan penyisihan grup.

Piala Emas 2019 juga menandai pertama kalinya 16 negara berpartisipasi dalam turnamen tersebut. Piala Emas terus berkembang dan untuk pertama kalinya, babak penyisihan eliminasi tunggal akan menjadi bagian dari edisi 2021 sebagai pengganti playoff Piala Emas, dengan 12 tim bersaing untuk tiga tempat di babak penyisihan grup Piala Emas 2021.

Sudah Bergulir

Piala Emas 2021 sudah bergulir sejak 10 Juli 2021 di AS. Turnamen akan berakhir pada 1 Agustus 2021. Jumlah peserta sebanyak 16 tim dari dua konfederasi.

Suasana stadion ketika tuan rumah Amerika Serikat bertanding.(Foto: Twitter The American Outlaws)
Suasana stadion ketika tuan rumah Amerika Serikat bertanding.(Foto: Twitter The American Outlaws)

Piala Emas 2021 sedianya dimulai pada 2 hingga 25 Juli 2021, namun dijadwal ulang dan sejak empat hari lalu pertandingannya sudah dimulai. Di tahun ini, pertandingan Piala Emas 2021 menggunakan Video Assistant Referee (VAR).

Pembagian Grup

Ada empat grup di Piala Emas 2021. Masing-masing grup diisi empat tim. Meksiko, juara bertahan, berada di Grup A bersama El Salvador, Trinidad dan Tobago, serta Guatemala.

DIBACA JUGA: Taklukkan Brasil 1-0, Argentina Angkat Trofi ke-15 Copa Amerika

Grup B dihuni Kanada, Amerika Serikat [tuan rumah], Haiti, Martinik. Grup C diisi Kosta Rika, Jamaica, Guadeloupe, Suriname. Dan terakhir, Grup D, terdapat Honduras, Panama, Qatar, dan Grenada.

Tampilnya Qatar di Piala Emas 2021 sebagai tim undangan. Qatar adalah Juara Piala Asia 2019 dan tuan rumah Piala Dunia 2022.

(tdr/*)