Pesugihan Bisa Dibatalkan, Begini Tipu Daya Setan Modus Penyembuhan

Ilustrasi tumbal pesugihan (Foto: Istimewa)
Ilustrasi tumbal pesugihan (Foto: Istimewa)

DepokToday- Pesugihan adalah salah satu praktik gaib yang sampai sekarang masih dipercaya sebagian masyarakat di Indonesia. Metode sesat ini dipercaya berkaitan dengan makhluk gaib, seperti setan, jin, atau siluman.

Lantas apakah praktik yang kerap menjadikan tumbal sebagai syarat aliran hitam itu bisa dibatalkan?

Menanggapi hal tersebut, Ustadz Khalid Basalamah, pendakwah yang cukup terkenal dengan sederet kajian Islami menegaskan, bahwa praktik pesugihan bisa dibatalkan.

“Tentu bisa saja, bisa dibatalkan dengan syarat bertaubat pada Allah SWT. Dan mengatakan saya batalkan semua yang berhubungan dengan apapun itu dan bertaubat pada Allah,” katanya dikutip dari chanel YouTube Muhasabah pada Selasa 2 November 2021.

Baca Juga: Tragis, Janda Depok Tewas Gantung Diri Akibat Utang Pinjol

Kemudian, apa bila ada sesuatu yang disimpan atau dipegang sebagai ajimat dan lainnya yang berkaitan dengan pusugihan atau musyrik harus segera dimusnahkan. “Harus segera, tidak boleh dibiarkan,” ujarnya lagi.

Pesugihan dan Tipu Daya Setan

Pertanyaan lainnya selain praktik pesugihan adalah, apabila ada yang bisa mengobati dengan modus transfer penyakit ke hewan, misalnya ayam atau mengobati pasien tanpa sentuh apakah itu sihir?

“Sihir. Semua ini jauh bukan ustaz bukan kiyai, ini dukun. Pernah nggak Nabi transfer penyakitnya ke unta, kambing? Nggak pernah. Itu makhluknya Allah. masa kita zalimi dia,” jelasnya.

Lebih lanjut ia menerangkan, salah seorang pengajar Masjid Nabawi menyebut itu permainan setan semua.

“Jadi membuat kesannya penyakit pindah, bisa saja dan yang pling sering terjadi orang yang sakit ini memang yang mendatangkan penyakit dia setan itu,” ujarnya.

“Setan bisa merekayasa keadaan, seolah-olah tubuh orang itu bengkak misalnya, perutnya kembung kalau kena sakit, kepala benjol ada darah dan itu macam-macam, nah itu permainan setan,” sambungnya.

Baca Juga: Ketika Tim Jaguar Ditantang Duel Hingga Dikerjai Gerombolan Pemabuk

Biasanya, lanjut Khalid, orang dengan kasus tersebut akan mendatangi paranormal, padahal itu adalah modus antara setan atau jin dengan dukun. Mereka semacam punya strategi marketing.

“Dia (dukun) punya pelihara banyak setan. Mereka punya kesepakatan. Dan sihir itu kita harus tahu ya, mengubah sesuatu depan mata sehingga berubah dari bentuk aslinya atau bergerak, padahal dia tidak bergerak.”

Baca Juga: 5 Cara Ampuh Mengusir Setan, Dijamin Kapok Nggak Balik Lagi

Menurut dia, cara yang tepat adalah melakukan rukiyah sesuai tuntunan syariah.

“Makanya baca terus ayat Quran. Shalat lima waktu. Jaga diri dari hal-hal yang haram, itu terjaga dari setan,” katanya

“Orang yang los, nggak solat, terbuka auratnya itu luar biasa setan keluar masuk. Jadi tidak pengaruh ayat rukiyah. Dia harus punya benteng-benteng di dalam tubuhnya,” sambungnya. (rul/*)