Pesawat Latih Jatuh di Danau Area Buperta Cibubur Depok

Bagian pesawat latih yang jatuh di kawasan Buperta Cibubur. (Depoktoday.com)
Bagian pesawat latih yang jatuh di kawasan Buperta Cibubur. (Depoktoday.com)

DEPOK- Pesawat latih sipil jatuh di kawasan Rawa Jemlung (Situ Baru), di area Bumi Perkemahan dan Graha Wisata atau Buperta Cibubur, Kelurahan Harjamukti, Kecamatan Cimanggis, Depok pada Jumat 28 Mei 2021. Peristiwa itu sontak menyedot perhatian banyak pihak.

Informasi pesawat latih itu jatuh di kawasan Cibubur, dibenarkan oleh Kepala Humas Polres Metro Depok, Komisaris Polisi Supriyadi.

“Iya pesawat latih jatuh masuk wilayah Cimanggis,” katanya saat dihubungi Depoktoday.com

Peristiwa itu, kata Supriyadi, terjadi sekira pukul 13:00 WIB.

“Kejadiannya habis salat Jumat tadi,” ujarnya.

Pesawat Latih Jatuh Petugas Turun Tangan

Saat ini, sejumlah petugas telah dikerahkan ke lokasi kejadian, termasuk dari jajaran Polres Metro Depok.

“Kasat Lantas di sana, SPK Polres juga sedang menuju ke sana,” jelasnya.

Lebih lanjut Supriyadi mengaku belum bisa berkomentar banyak terkait kejadian itu karena pihaknya masih mengumpulkan keterangan.

Kronologi

Data yang berhasil dihimpun menyebut, sekira pukul 09:30 WIB, saat kejadian saksi sedang mancing di Rawa Jemblung.

Pesawat latih jenis terbang dari arah timur tiba-tiba jatuh di rawa tersebut tepat didepan saksi, yang sedang mancing lalu dengan cepat mereka berhamburan lari takut pesawat meledak.

Awalnya pesawat terlihat setabil, namun setelah mendekat ke permukaan air pesawat oleng ke kanan lalu masuk ke dalam setu. Menurut keterangan saksi, pesawat tidak mengeluarkan asap atau ledakan saat di udara.

Pesawat pun saat masuk ke air mesin dalam ke adaan hidup dan beberapa menit kemudian mesin mati.

Saksi lain mengatakan, saat sedang mancing melihat pesawat heli terbang dari arah timur tiba-tiba pesawat merendah lalu oleng ke kanan dan masuk ke rawa jemblung mesin dalam ke adaan hidup beberapa menit mesin mati.

Pesawat latih jenis heli Tobindon R 44 yang diawaki oleh 2 orang. Sempat berhasil mengudara dan berputar selama 3 putaran di area latihan Buperta. Tapi saat putaran ke 4 pesawat los kontek dan hilang.

Pukul 09:30 WIB, polisi mendapat laporan dari para pemancing di Rawa Jemblung ada pesawat heli yang jatuh lalu mencari tahu berita tersebut. (rul/*)