Persiapan Berkelahi, Iwan Fals Tekuni Karate 40 Tahun, Ada Apa?

Iwan Fals ketika melatih karate (Foto: Istimewa)
Iwan Fals ketika melatih karate (Foto: Istimewa)

DepokToday- Virgiawan Listanto atau yang populer disapa Iwan Fals tentu sudah tak asing lagi. Namanya cukup melegenda dikancah musik Tanah Air. Nah, selain piawai dalam bermusik, Iwan ternyata juga jago bela diri.

Nah, belum lama ini pria kelahiran Jakarta 3 September 1961 itu bicara blak-blakan seputar sisi lainnya di bidang musik. Iwan Fals mengaku, dirinya telah menekuni karate sejak sekira 40 tahun. Seni bela diri itu ia tekuni sejak usia 21 tahun.

“Mulai pas anak saya lahir almarhum Galang belajarlah lebih tekun. Nah diumur 21 itu sampe sekarang belajar karate, sekitar 40 tahun lah ikut karate,” katanya dikutip dari kanal YouTube Soleh Solihun pada Rabu 8 September 2021.

Iwan mengaku, dirinya sengaja belajar bela diri agar bisa melindungi keluarga. Sebab, ia pernah merasa terancam dan khawatir dengan kondisi keluarga saat itu.

“Akhirnya ya udah saya latihan aja. Ya, memang persiapan untuk berkelahi sebenarnya. Karena saya takut tadi, makanya saya latihan,” tuturnya.

Sejak Kecil Iwan Fals Banyak Belajar Bela Diri

Dia mengingat betul sempat berlatih keras saat masih mendapat sabuk biru. Tapi kini antusiasnya tidak seperti dulu lagi.

“Biasanya kalau masih sabuk biru masih semangat tuh pengen praktekan, tapi setelah biru ke atas baru dah,” ujarnya.

“Apalagi kalau sering komite (pertarungan) itu jadi males ya, karena sehari-hari bertarung kan,” sambungnya lagi.

Baca Juga: Datangi Depok, Ivan Gunawan Ingatkan Bahaya Hoax Soal Vaksinasi

Usut punya usut, karate ternyata bukan satu-satunya olahraga bela diri yang dikuasai Iwan. Ternyata ia juga pernah berlatih judo hingga pencak silat.

“Saya tuh SD sempet juara nasional judo dulu awalnya, terus SMP sempet belajar silat. Nah mulai sering deh tampil di kelas-kelas gitu,” ujarnya.

Hatinya Lembut

Nah, di balik sikapnya yang tampak gahar di layar, musisi legendari kebanggaan Indonesia ini ternyata berhati lembut. Ia bahkan mengaku mudah sekali menangis jika melihat hal-hal yang menyentuh hati.

“Aslinya saya ini lembut, kalah ager-ager. Iya mudah banget nangis. Misalnya ada keluarga sederhana terus tertawa lepas, itu saya langsung nangis,” tuturnya sambil tersenyum. (rul/*)