Persaingan UEA dengan Vietnam, Tergeser atau Malah Melesat Menjauh

Klasemen sementara Grup G.(Foto: Tangkapan Layar dari Google)
Klasemen sementara Grup G.(Foto: Tangkapan Layar dari Google)

DUBAI—Dua pertandingan yang melibatkan empat tim di Grup G kualifikasi Piala Dunia 2020 kembali tersaji di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), Jumat, 11 Juni 2021.

UEA selaku tuan rumah grup akan menghadapi Indonesia di Stadion Zabeel, sedangkan Vietnam berhadapan dengan Malaysia di Stadion Al-Maktoum.

Jadwal pertandingan Grup G kualifikasi Piala Dunia 2022 malam ini WIB.(Foto: Tangkapan Layar dari laman resmi AFC)
Jadwal pertandingan Grup G kualifikasi Piala Dunia 2022 malam ini WIB.(Foto: Tangkapan Layar dari laman resmi AFC)

Dua pertandingan ini selain menentukan UEA dan Vietnam yang lolos lebih dulu ke babak selanjutnya, tetapi juga menjadi pertarungan prestisius dalam perebutan tempat teratas di Grup G.

Perolehan poin antara UEA dengan Vietnam hanya dua angka, dimana Vietnam untuk sementara memimpin klasemen Grup G dengan 14 poin, diikuti UEA di posisi kedua dengan 12 poin.

DIBACA JUGA: Peluang UEA untuk Memimpin Klasemen Grup G Kembali Terbuka

UEA secara teoritis memiliki tugas yang lebih mudah saat mereka menghadapi Indonesia. Status sebagai tuan rumah dan menang dua kali dalam pertandingan terakhir merupakan modal utama UEA untuk kembali meraup poin tiga.

UEA memetik kemenangan besar atas Malaysia 4-0 kemudian menang juga dari Thailand 3-1. Dua kemenangan itulah yang membuat UEA dalam jarak dekat bisa menyentuh pemimpin klasemen Grup G, Vietnam.

Pemain UEA merayakan golnya ke gawang Malaysia.(Foto: AFC)
Pemain UEA merayakan golnya ke gawang Malaysia.(Foto: AFC)

Menghadapi UEA malam ini, Indonesia yang duduk di dasar klasemen Grup G tanpa kemenangan dalam tujuh pertandingan dan hanya mengoleksi satu poin, akan menjadi laga terakhir Indonesia di penyisihan grup.

Indonesia tampaknya akan menemui jalan terjal untuk menang. Apalagi pertemuan dengan UEA di Dubai pada Oktober 2019 hasilnya tidak mengenakan bagi Indonesia.

DIBACA JUGA: Kebobolan Empat Gol Tanpa Balas, Ini Kata Pelatih Timnas Indonesia

Saat itu Indonesia kalah dari UEA 0-5 berkat hat-trick Ali Mabkhout yang diapit di antara gol pembuka Khalil Ibrahim dan gol Tariq Ahmed di masa injury time.

Dua laga terakhir Indonesia sebelum jumpa dengan UEA juga tidak menggembirakan. Indonesia yang bangkit dari ketinggalan dua gol melawan Thailand, akhirnya menyudahi pertandingan dengan hasil imbang 2-2.

Kemudian melawan Vietnam, sempat menahan imbang tanpa gol di babak pertama, Indonesia kebobolan empat gol tanpa balas di babak kedua. Itu menjadi kekalahan keenam mereka dalam tujuh pertandingan.

Vietnam vs Malaysia

Sementara itu, Vietnam berharap bisa mengulang kemenangan melawan Malaysia untuk mempertahankan posisinya di puncak Grup G menjelang pertandingan terakhir pada 15 Juni mendatang.

DIBACA JUGA: Kalahkan Indonesia 4-0, Vietnam Kokoh di Puncak Klasemen Grup G

Vietnam ingin memperpanjang rekor tak terkalahkan mereka di babak kualifikasi Grup G Piala Dunia 2022 Zona Asia.

Jika berhasil memetik poin penuh melawan Malaysia malam nanti, maka hasil ini menjadi sangat berharga bagi Vietnam. Lolos ke fase selanjutnya dan tetap bertengger di puncak klasemen sementara Grup G.

Hasil akhir pertandingan Vietnam vs Indonesia dengan skor 4-0.(Foto: Twitter @afcasiancup)
Hasil akhir pertandingan Vietnam vs Indonesia dengan skor 4-0.(Foto: Twitter @afcasiancup)

Sementara itu, Malaysia berharap bisa menyalip Thailand di posisi ketiga Grup G tentunya dengan kemenangan melawan Vietnam.

Pertandingan sebelumnya yang dijalani Malaysia menuai hasil minor. Kalah 0-4 dari UEA sehingga membuat posisi mereka saat ini berada di urutan keempat.

Namun peluang Malaysia masih terbuka untuk lolos ke fase berikutnya asalkan mereka menyegel dua hasil positif di dua pertandingan tersisa.

(tdr/Sumber: afc.com)