Seluruh Kabupaten dan Kota di Jawa Barat Bebas BABS Tahun 2030

- Minggu, 20 November 2022 | 14:15 WIB
Dilarang buang air besar sembarangan.(Foto: shutterstock)
Dilarang buang air besar sembarangan.(Foto: shutterstock)

DepokToday.com - Seluruh kabupaten dan kota di wilayah Jawa Barat masyarakatnya akan terbebas dari perilaku Buang Air Besar Sembarangan atau BABS pada tahun 2030.

Ketua Tim Kerja Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Olahraga Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, Yuntina Erdani, menuturkan hal itu dalam acara Jabar Punya Informasi (Japri) di Gedung Sate Bandung, Jumat 18 November 2022.

"Jadi akhirnya kami menargetkan atau mengharapkan sebelum 2030, nanti bisa tercapai target SDGs diharapkan nanti semua kabupaten kota seperti itu masyarakatnya bebas BABS," kata Yuntina.

Saat ini baru enam kabupaten/kota (Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Subang, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Bandung, Kabupaten Garut dan Kota Depok) yang sudah terbebas BABS.

Baca Juga: Tahun 2023, Kota Depok Ditargetkan Bebas dari Buang Air Besar Sembarangan

Yuntina mengatakan, sebelumnya Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat pernah mencetuskan target Provinsi Jawa Barat bisa terbebas BABS pada tahun 2023.

"Pernah ketika kami ada pertemuan di Bappeda (Jabar), Pak Sekda mengharapkan bahwa pada tahun 2023 seluruh wilayah Jawa Barat bebas BABS. Namun nampaknya hal tersebut masih jauh ya, karena sampai mau akhir 2022, baru enam kabupaten kota yang masyarakatnya sudah terbebas dari BABS," katanya.

Menurut dia, selama ini Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah berupaya semaksimal mungkin untuk mengajak masyarakatnya agar terbebas dari perilaku BABS, salah satunya dengan dikeluarkan Surat Edaran Gubernur Jawa Barat terkait BABS.

Selain itu, Pemerintah Provinsi Jawa Barat juga sedang berupaya membangun kesejahteraan berbasis kesehatan, salah satunya memudahkan masyarakat mengakses jamban bersih.

Halaman:

Editor: Tidar Aira

Sumber: jabarprov.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bang Yos Resmikan AMEC Sport Center Bojongsari Depok

Senin, 5 Desember 2022 | 08:05 WIB
X