PDIP: Penolakan Raperda Kota Religius Harus Jadi Pelajaran Pemerintah Kota Depok, Jangan Paksakan Kehendak

- Senin, 3 Oktober 2022 | 14:43 WIB
Sekretaris DPC PDIP Depok, Ikravany Hilman (DepokToday.com)
Sekretaris DPC PDIP Depok, Ikravany Hilman (DepokToday.com)

DepokToday.com – Penolakan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Penyelenggaraan Kota Religius (PKR) oleh Kementerian Dalam Negeri turut direspon Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Depok Ikravany Hilman.

Menurut Ikravany, penolakan itu sudah bisa ditebak sebelumnya, karena pengaturan soal religiusitas merupakan ranah dari Pemerintah Pusat, sehingga tidak perlu diturunkan menjadi sebuah peraturan daerah.

“Kita sudah menduga dari sejak awal, pada saat usulan ini disampaikan, kami Fraksi PDIP sudah menolak, karena soal religiusitas itu kewenangan absolut pemerintah pusat,” kata Ikravany, Senin 3 Oktober 2022.

Baca Juga: Remaja Pria 15 Tahun Tewas Tenggelam di Situ Tujuh Muara

Ikravany mengatakan, seharusnya Pemerintah Kota Depok mendengarkan masukan-masukan soal kontroversialnya Raperda tersebut sejak awal diusulkan.

“Sampai mau dibahas di Pansus pun, Fraksi PDI Perjuangan tetap menolak, tapikan kekeuh mau dijadikan Perda, akhirnya dilakukan voting dan keputusannya akhirnya dibahas,” kata Ikravany.

Ikravany mengatakan, sejak awal pengajuannya pada tahun 2019 lalu, Raperda PKR ini memang penuh kontroversial, karena dianggap menyentuh sektor privat masyarakat yang sejatinya tidak perlu dilakukan oleh pemerintah daerah.

Baca Juga: Simak! Begini Prosedur Jika Ingin Gunakan Alun-alun Kota Depok

Seharusnya, kata Ikra, jika Pemerintah Kota Depok mau legowo dan tidak memaksakan kehendak, anggaran bernilai ratusan juta yang diperuntukkan membahas Raperda tersebut tidak terbuang sia-sia seperti saat ini.

“Ini kan jadi mubazir anggaran meski saya nggak tau persis nominalnya ya, makanya ini jadikan pelajaran, kalau secara argumen sudah nggak dibenarkan ya jangan dipaksa,” kata Ikravany.

Halaman:

Editor: Ade Ridwan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bang Yos Resmikan AMEC Sport Center Bojongsari Depok

Senin, 5 Desember 2022 | 08:05 WIB
X