FIFA 23, Edisi Terakhir Video Game Buatan EA, Tahun Depan Ganti Label Jadi EA Sports FC

- Jumat, 30 September 2022 | 18:52 WIB
Sampul FIFA 23 yang menampilkan Kylian Mbappe dan Sam Kerr.(Foto: Twitter/EA SPORTS FIFA)
Sampul FIFA 23 yang menampilkan Kylian Mbappe dan Sam Kerr.(Foto: Twitter/EA SPORTS FIFA)

DepokToday.com - Salah satu waralaba terbesar dalam sejarah video game akan berakhir pada hari Jumat, 30 September 2022, dengan merilis FIFA 23, angsuran terakhir dari permainan sepak bola yang telah memikat jutaan penggemar selama tiga dekade terakhir.

Pembuat game Amerika Serikat, Electronic Arts (EA) dan badan sepak bola global FIFA, menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk merundingkan perjanjian lisensi yang telah mendukung game tersebut sejak edisi pertamanya pada tahun 1993.

Tetapi mereka mengkonfirmasi perpecahan pada bulan Mei ketika FIFA mengatakan akan mencari mitra lain, sedangkan EA menyatakan bakal mengubah nama permainannya menjadi 'EA Sports FC' mulai tahun depan.

Untuk versi final di game FIFA 23, EA telah memasukkan tim klub wanita untuk pertama kalinya — meskipun hanya dari Inggris dan Prancis — beberapa tahun setelah memperkenalkan pemain wanita.

Baca Juga: FIFA Match Day: Timnas Indonesia Kalahkan Curacao 3-2 di Bandung

Superstar wanita asal Australia, Sam Kerr, yang bermain di Liga Inggris, ada di sampul pertandingan bersama dengan pemenang Piala Dunia 2018 dari Prancis, Kylian Mbappe.

“Ini – dan tetap – salah satu waralaba paling populer di semua game,” kata Tom Wijman dari Newzoo, sebuah perusahaan yang menganalisis data industri.

Pemisahan ini berisiko bagi EA dan FIFA, tanpa jaminan kesuksesan dari usaha baru mereka. Namun analis mengatakan EA berada dalam posisi yang lebih kuat setelah menghabiskan 30 tahun mengembangkan dan memasarkan game tersebut.

Perusahaan itu mengatakan tahun lalu bahwa FIFA telah menjual lebih dari 325 juta kopi selama tiga dekade dan dilaporkan menghasilkan lebih dari 20 miliar dolar AS atau setara Rp305 triliun dalam penjualan.

Halaman:

Editor: Tidar Aira

Sumber: AFP

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Afifah Alia Turun Tangan Soal Polemik SDN Pondokcina 1

Selasa, 29 November 2022 | 08:35 WIB

KWT Anggrek di Duren Seribu Dilatih Membuat Dodol Terong

Selasa, 29 November 2022 | 07:55 WIB

Tujuh Perawat dari PPNI Kota Depok Dikirim ke Cianjur

Jumat, 25 November 2022 | 10:10 WIB
X