Situasi Mulai Panas Jelang Pemilu 2024, Mendagri Ingatkan ASN Tak Boleh Berpolitik Praktis

- Kamis, 22 September 2022 | 14:00 WIB
Wali Kota Depok Mohammad Idris (kiri) bersama Mendagri Tito Karnavian (kanan) saat meresmikan mobil swab test keliling di halaman Balai Kota Depok, Jumat 23 Juli 2021.  (Foto: Dok. Diskominfo Depok)
Wali Kota Depok Mohammad Idris (kiri) bersama Mendagri Tito Karnavian (kanan) saat meresmikan mobil swab test keliling di halaman Balai Kota Depok, Jumat 23 Juli 2021. (Foto: Dok. Diskominfo Depok)

DepokToday.com - Menteri Dalam Negeri (Mengadri), Tito Karnavian, secara tegas mengingatkan seluruh aparatur sipil negara atau ASN agar tetap menjaga posisinya sebagai tenaga profesional jelang Pemilu 2024.

“Dinamika politik untuk mencari pemimpin terbaik silakan berlangsung. Ibaratkan mesin mobil, tentu situasi politik akan memanas. Namun, posisi ASN harus tetap sebagai tenaga profesional,” kata Tito sebagaimana dikutip dari suara.com jaringan DepokToday.com pada Kamis, 22 September 2022.

Mantan Kapolri itu menjelaskan, hal tersebut sebagaimana dimuat dalam bagian penjelasan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN.

Baca Juga: Disaksikan Ivan Gunawan, JNE Serahkan Ganti Rugi untuk Warga Terdampak Kebakaran di Depok

Itu artinya, ASN yang profesional berarti mereka yang senantiasa mengutamakan keahlian yang berlandaskan kode etik dan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Lebih lanjut Jenderal (purnawirawan) itu mengatakan, bahwa meskipun memiliki hak pilih, namun ASN tidak diperbolehkan berpolitik praktis dan memihak pada pasangan calon ataupun partai tertentu dalam kontestasi di Pemilu dan Pemilihan Serentak 2024 mendatang.

Baca Juga: Sempat Viral Minta Dijaga TNI, Endingnya Hillary Briggita Kepincut Pasukan Khusus Ini

Keputusan itu telah dimuat dalam UU Nomor 5/2014 tentang ASN.

Terkait hal tersebut, Tito pun menyambut baik penyelenggaraan kegiatan penandatanganan keputusan bersama dari lima instansi, yakni Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Halaman:

Editor: Zahrul Darmawan

Sumber: Suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Diskriminasi Siswa Rohkris SMAN 2 Depok Tidak Benar

Jumat, 7 Oktober 2022 | 16:23 WIB

SDN Bedahan 03 Menggelar Perkemahan Jumat Sabtu

Selasa, 4 Oktober 2022 | 08:00 WIB
X