Tugu Batu Sawangan, Bukti Hancurnya Pasukan Belanda di Tanah Depok

- Selasa, 16 Agustus 2022 | 14:51 WIB
Monumen tugu batu Sawangan, Depok (Foto: Istimewa)
Monumen tugu batu Sawangan, Depok (Foto: Istimewa)

DepokToday.com – Monumen tugu batu yang berdiri di tepi Jalan Raya Muchtar, Sawangan, Depok menjadi simbol sejarah perjuangan rakyat setempat terhadap agresi yang dilakukan militer Belanda pada zaman penjajahan.  

Hal itu terlihat dalam keterangan yang tertulis pada tugu batu tersebut. Isinya tentang perjuangan rakyat Sawangan ketika menghancurkan tentara NICA pada November 1945.  

“Di sini tentara NICA (Belanda) pada bulan November 1945 pernah dihancurkan oleh TKR para pemuda pejuang berserta rakyat wilayah Sawangan dalam perang kemerdekaan,” demikian tulisan pada tugu batu tersebut sebagaimana dikutip DepokToday.com dari Pikiran Rakyat.

Baca Juga: Soal Panggung Apung Situ Rawa Kalong Ditutup, Uu Ruzhanul: Jangan Berpikir Negatif

Menurut informasi, tugu batu itu diresmikan pada 29 Desember 1979 oleh Bupati Bogor H Ayip Rughby. Kala itu, Depok di masa peresmian tugu memang menjadi bagian dari Kabupaten Bogor. 

Tapi sayanganya, petunjuk atau cerita rinci terkait peristiwa penghancuran tentara NICA di Sawangan, Depok itu begitu minim. Saksi-saksi sejarah pun banyak yang telah meninggal.

Ironisnya, menggali keterangan dari Pemkot Depok sama seperti mencari jarum di tengah tumpukan jerami lantaran keterbatasan literatur atau dokumentasi yang mereka miliki.

Baca Juga: Sudah Empat Pekan Madura United Bertahan di Puncak Klasemen BRI Liga 1 2022-2023

Dilansir dari Pikiran Rakyat, informasi terkait peristiwa penghancuran tentara NICA di Museum Perjoangan Bogor pun masih sangat terbatas.

Halaman:

Editor: Zahrul Darmawan

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Diskriminasi Siswa Rohkris SMAN 2 Depok Tidak Benar

Jumat, 7 Oktober 2022 | 16:23 WIB

SDN Bedahan 03 Menggelar Perkemahan Jumat Sabtu

Selasa, 4 Oktober 2022 | 08:00 WIB
X