Menguak Sepak Terjang Tole Iskandar, Anak Ningrat yang Pimpin 21 Prajurit Tempur di Depok

- Jumat, 12 Agustus 2022 | 13:12 WIB
Ilustrasi pertempuran melawan penjajah di Indonesia (Foto: Istimewa)
Ilustrasi pertempuran melawan penjajah di Indonesia (Foto: Istimewa)

DepokToday.com - Berani, jujur dan nekat, itulah gambaran sosok Tole Iskandar, pahlawan yang namanya diabadikan sebagai salah satu jalan di Kota Depok.

Berlatar belakang darah biru alias bangsawan, rupanya tak menjadikan Tole Iskandar hanyut dalam gelimangnya harta orangtua. Terbukti, pria kelahiran 1922 itu memilih gugur sebagai pejuang untuk bangsa ini.

Merujuk pada berbagai sumber yang didapat DepokToday.com, Tole Iskandar adalah sulung dari tujuh bersaudara, pasangan Raden Samidi Darmorahardjo dan Sukati binti Raden Setjodiwiryo. Ia mengawali karir militernya sejak usia belasan tahun.

Baca Juga: Ketika ASN Depok Bergaya Citayam Fashion Week, Netizen: Kerjanya Bercanda, Gajinya Serius

Sang ayah, yang menjabat sebagai menteri perairan pada zaman kolonial Belanda bahkan tadinya tidak tahu jika Tole Iskandar bakal angkat senjata sebagai seorang pejuang kemerdekaan.

“Saat itu keluarga atau orangtuanya tidak ada yang tahu. Dia (Tole) balik-balik sudah jadi tentara, pakai samurai panjang,” kata Arifin Darmo Wahyu, keponakan Tole Iskandar.

Baca Juga: Bikin Nyesek, Ini Surat Terbuka Orangtua Bharada E untuk Presiden

Belakangan diketahui, Tole ternyata pernah digembleng bersama tentara Jepang. Karena prihatin dengan kondisi negaranya kala itu, ia kemudian menggalang kekuatan untuk melawan Belanda hingga akhirnya mendapat dukungan dari keluarga.

Kakek Tole Iskandar (Foto: Wikipedia)

Halaman:

Editor: Zahrul Darmawan

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Diskriminasi Siswa Rohkris SMAN 2 Depok Tidak Benar

Jumat, 7 Oktober 2022 | 16:23 WIB

SDN Bedahan 03 Menggelar Perkemahan Jumat Sabtu

Selasa, 4 Oktober 2022 | 08:00 WIB
X