Sekolah Pascasarjana Uhamka Latih Guru Muhammadiyah Depok Bikin Video Pembelajaran

- Sabtu, 6 Agustus 2022 | 14:31 WIB
Kegiatan sharing knowledge pembuatan video melalui Zoom Meeting.(Foto: Istimewa)
Kegiatan sharing knowledge pembuatan video melalui Zoom Meeting.(Foto: Istimewa)

DepokToday.com - Dosen dan mahasiswa Magister Pendidikan Matematika Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (Uhamka) bersama Majelis Dikdasmen PDM Kota Depok melaksanakan kegiatan sharing knowledge pembuatan video melalui Zoom Meeting.

Kegiatan itu diperuntukkan bagi guru Muhammadiyah Kota Depok untuk mengantisipasi transformasi digital dan mendukung era merdeka belajar.

Dosen Magister Pendidikan Matematika Pascasarjana Uhamka, Joko Soebagyo, menerangkan, kegiatan ini sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat yang diselenggarakan oleh Program Studi Magister Pendidikan Matematika Sekolah Pascasarjana Uhamka bekerja sama dengan Majelis Dikdasmen PDM Kota Depok dan LPPM Uhamka.

Baca Juga: Pimpinan Cabang Muhammadiyah Sukmajaya Halal Bihalal, Wakil Rektor UHAMKA Salah Satu Narasumbernya

"Transformasi digital dan era merdeka belajar suatu keniscayaan yang harus diantisipasi oleh guru. Video pembelajaran sebagai salah satu bentuk transformasi digital diharapkan mampu memberikan pemahaman dan penalaran kepada siswa serta memberikan waktu belajar yang fleksibel sebelum, selama dan sesudah proses pembelajaran di dalam kelas," tuturnya.

Dalam kegiatan ini peserta diberikan informasi hingga dilatih untuk dapat membuat video pembelajaran yang efektif dan efisien selama tujuh hari mulai tanggal 31 Juli – 7 Agustus 2021.

Baca Juga: SMP Muhammadiyah 1 Depok Lepas Peserta Didik Angkatan ke-56

Materi yang disampaikan mencakup Transformasi Digital, Kinemaster, Animaker dan Canva. Selanjutnya, peserta diberikan tugas membuat satu video pembelajaran yang sesuai dengan jenjang dan bidang masing-masing berdasarkan rubrik yang telah ditentukan.
 
Sekretaris Majelis Dikdasmen PDM Kota Depok, H. Mahjudin, mengaku senang dengan adanya kegiatan ini.

Ia menyatakan bahwa kegiatan yang diselenggarakan oleh Program Studi Magister Pendidikan Matematika Sekolah Pascasarjana Uhamka bekerja sama dengan Majelis Dikdasmen PDM Kota Depok dan LPPM Uhamka, sangat bermanfaat dan menguntungkan bagi guru Muhammadiyah Kota Depok dalam meningkatkan kompetensinya sebagai penunjang pembelajaran di masa pandemi COVID-19.(***)

Halaman:

Editor: Tidar Aira

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X