Guru Besar UI Yakin Presiden Jokowi Bisa Akhiri Perang Ukraina VS Rusia, Ini Tanda-tandanya

- Jumat, 1 Juli 2022 | 13:08 WIB
Presiden Jokowi meninjau bangunan yang hancur akibat perang di Ukraina (Foto: Instagram @jokowi)
Presiden Jokowi meninjau bangunan yang hancur akibat perang di Ukraina (Foto: Instagram @jokowi)

DepokToday.com – Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia (UI), Hikmahanto Juwana kembali melontarkan pendapatnya terkait misi perdamaian yang dijalankan Presiden Jokowi ke Ukraina dan Rusia.

Menurut dia, perjalanan Presiden Jokowi sangat positif dan mudah-mudahan menghasilkan genjatan senjata, utamanya pengakhiran serangan oleh Rusia.

“Bapak Presiden Jokowi sangat cerdas untuk menghadirkan gencatan senjata dengan gambaran besar akan terjadi krisis pangan di negara-negara berkembang karena perang berdampak pada supply chain gandum dan pupuk,” jelasnya pada awak media dikutip Jumat, 1 Juli 2022.

“Ini yang bapak Presiden sampaikan dalam pertemuan G7, pertemuan dengan Presiden Zelensky dan Presiden Putin,” sambungnya.

Baca Juga: Petualangan Alvaro Morata Bersama Juventus Berakhir

Menurut Hikmahanto, Presiden Jokowi esensinya ingin menyampaikan terlepas dari alasan sejumlah pihak-pihak yang terlibat dalam perang, termasuk Amerika Serikat dan sekutunya, bahwa perang akan membawa penderitaan pada rakyat banyak di negara berkembang dan karenanya perang harus dihentikan.

Baca Juga: Kelompok Aktivis 98 Siap Kawal Proyek Jokowi: Jangan Sampai Masuk Angin

Presiden Jokowi di Ukraina (Foto: Instagram @jokowi)

“Selanjutnya Presiden Zelensky dan Presiden Putin antusias atas kehadiran Presiden Jokowi. Ini karena dua negara tersebut sudah lelah dalam perang. Dan bagi Rusia mereka butuh Presiden Jokowi agar mereka memiliki alasan untuk menghentikan serangan,” katanya.

Halaman:

Editor: Zahrul Darmawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

85 Persen Rumah Tinggal Warga di Jakarta Bebas PBB

Kamis, 18 Agustus 2022 | 08:00 WIB

Jalan Margonda dan Sekitarnya Macet Akibat Banjir

Selasa, 16 Agustus 2022 | 19:03 WIB
X