Jejak VOC di Pinggiran Ibu Kota! Hari Ini Depok Berusia 308 Tahun

- Selasa, 28 Juni 2022 | 19:05 WIB
Rumah Tua Cimanggis (Istimewa)
Rumah Tua Cimanggis (Istimewa)

DepokToday.com – Bagi sebagian warga keturunan 11 marga, atau yang kerap disebut sebagai Belanda Depok, umur salah satu kota di penyanggah Jakarta ini telah berusia 308 tahun. Momen tersebut biasa diperingati pada 28 Juni.

Namun berbeda dengan keputusan pemerintah, Depok saat ini berusia 23 tahun. Dan momen hari jadi itu biasa diperingati secara resmi setiap 27 April.

Lantas seperti apa alasan kaum keturunan 11 marga menyebut Depok telah berusia lebih dari 300 tahun? Berikut ulasannya.    

Keturunan kaum mardijkers atau mereka yang dulunya terkena stereotip sebagai Belanda Depok memperingati hari kematian Cornelis Chastelin, pada 28 Juni 1714. Tepat di hari itu pula, atau sekira 308 tahun silam, mereka terbebas dari perbudakan.

“Iya, mereka kan menganggap dirinya terlahir ketika Chastelin wafat terus dibacakan mereka dimerdekakan. Jadi sebelum wafat dia sudah menulis surat wasiat yang menyebut para budaknya itu dimerdekakan dan diberi tanah yang namanya Depok. Makanya mereka merasa terlahir,” kata Ketua Umum Depok Herittage Community, Ratu Farah Diba, seperti dikutip pada Selasa, 28 Juni 2022.

Baca Juga: Warga Depok Protes Beli Minyak Goreng Wajib Tunjukan Peduli Lindungi: Jadi Ribet

Tadinya Kaoem Depok ada 12 marga yakni Bacas, Isakh, Jacob, Jonathans, Joseph, Laurens, Leander, Loen, Samuel, Soedira, Tholense dan Zadokh. Namun kini hanya tersisa menjadi 11 marga.

“Satu marga sudah enggak ada, yakni Zadokh kan enggak ada lagi keturunannya,” jelas Ratu Farah

Tepat di hari kematian Cornelis Chastelin, sejumlah keturunan dari 11 marga itu pun hingga kini masih memberi penghormatan dengan berbagai kegiatan seperti menggelar doa bersama di gereja di kawasan Jalan Pemuda dan kegiatan lainnya yang bersifat untuk menghibur sekaligus mengenang sejarah.

Halaman:

Editor: Zahrul Darmawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

85 Persen Rumah Tinggal Warga di Jakarta Bebas PBB

Kamis, 18 Agustus 2022 | 08:00 WIB

Jalan Margonda dan Sekitarnya Macet Akibat Banjir

Selasa, 16 Agustus 2022 | 19:03 WIB
X