Angka Stunting Kota Depok Terendah di Provinsi Jawa Barat

- Minggu, 26 Juni 2022 | 10:00 WIB
Berat Badan Anak Naik Tapi Tidak Adekuat, Orang Tua Perlu Waspada Stunting
Berat Badan Anak Naik Tapi Tidak Adekuat, Orang Tua Perlu Waspada Stunting

DepokToday.com - Angka stunting di Kota Depok terendah dibandingkan dengan wilayah kabupaten dan kota lainnya di Provinsi Jawa Barat (Jabar).

Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono, mengatakan hal itu usai menghadiri acara Deklarasi dan Peluncuran Gerakan Ngabring di Hotel Grand Preanger, Jalan Merdeka, Bandung, Jawa Barat, Kamis 23 Juni 2022.

"Kota Depok Tahun 2021 masih memiliki angka stunting terendah se-Jawa Barat, yaitu 12,3 persen menurut Studi Status Gizi Indonesia, angka ini terkecil di Jabar, dimana Jabar di angka 24,5 persen," tutur Imam Budi Hartono seperti dilansir laman resmi Pemkot Depok, Jumat 24 Juni 2022.

Baca Juga: Stunting dan Gizi Buruk Masih Hantui Balita Indonesia, Ini yang Dilakukan YAICI

Akan tetapi, Imam menjelaskan, angka ini jauh berbeda dengan yang didapat langsung oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok sebesar 3,43 persen atau sebanyak 3.693 balita. Angka ini didapat langsung dari para kader posyandu di semua RW se-Kota Depok

Pria yang akrab disapa IBH itu mengungkapkan, untuk menyelesaikan kasus tersebut, Kota Depok meluncurkan program D'Stunting Menara atau Depok Sukses Bebas Stunting Mewujudkan Depok Ramah Anak pada akhir tahun lalu.

Program ini dipelopori oleh para kader Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) se-Kota Depok dilaksanakan sepanjang tahun dengan 600 kegiatan.

Baca Juga: Dinas Kesehatan Kota Depok Catatkan Penurunan Angka Penderita Stunting di Kota Belimbing

Dia menambahkan, hingga bulan April D'Stunting Menara sangat efektif menurunkan angka stunting hingga 70 persen lebih. Dari jumlah 3.693 balita yang tercatat pada tahun kemarin, hingga tersisa 2.000-an.

Halaman:

Editor: Tidar Aira

Sumber: depok.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

SDN Bedahan 03 Menggelar Perkemahan Jumat Sabtu

Selasa, 4 Oktober 2022 | 08:00 WIB
X