31 Hewan Ternak di Depok Positif PMK, 17 Ekor Dinyatakan Sembuh

- Rabu, 22 Juni 2022 | 10:30 WIB
Petugas dari DKP3 Kota Depok saat memeriksa kesehatan hewan ternak di salah satu peternakan. (Foto: Istimewa via depok.go.id)
Petugas dari DKP3 Kota Depok saat memeriksa kesehatan hewan ternak di salah satu peternakan. (Foto: Istimewa via depok.go.id)

DepokToday.com - Total kasus positif hewan ternak yang terkena Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) hingga tangga 20 Juni 2022 berjumlah 31 ekor.

Jumlah tersebut berdasarkan catatan Unit Respon Cepat Penanganan PMK dari Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Depok.

Unit Respon Cepat PMK DKP3 Kota Depok merincikan, dari 31 ekor hewan yang positif PMK, 17 ekor di antaranya dinyatakan sembuh.

Baca Juga: Wabah PMK Bikin Pengusaha Hewan Kurban Jerit, Haji Doni: Peminat Banyak, Sapinya yang Terbatas

"Kasus hewan terduga PMK bertambah menjadi 20 ekor ternak, dan dalam proses pengobatan sebanyak 51 ekor ternak," ujar Kepala DKP3  yang juga sebagai Ketua Unit Respon Cepat PMK Kota Depok, Widyati Riyandani, Selasa 21 Juni 2022.

Widyati menjelaskan, kasus hewan positif PMK saat ini tersebar di tiga kelurahan. Yakni Kelurahan Cisalak, Pasir Gunung Selatan, dan Cipayung.

Untuk menangani hewan ternak yang terduga dan positif PMK, pihaknya telah melakukan berbagai upaya. Antara lain melakukan KIE (Komunikasi, Informasi dan Edukasi) kepada peternak terkait sanitasi kandang dan higiene personal, pelarangan pemasukan dan pengeluaran hewan di tempat terduga dan positif PMK.

Baca Juga: Cegah Penyakit Mulut dan Kuku, Pemerintah akan Suntikan Vaksin ke Hewan Ternak

"Pengambilan sampel, baik swab orofaring dan atau darah, kemudian dilakukan pemeriksaan laboratorium, melakukan pengobatan terhadap ternak dan pemberian disinfektan tiap peternak," jelasnya.

Halaman:

Editor: Tidar Aira

Sumber: depok.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X