Pemerintah Telah Izinkan Masyarakat Buka Masker di Luar Ruang, Mohammad Idris: Dalam Ruang Tetap Bermasker

- Selasa, 24 Mei 2022 | 15:00 WIB
Wali Kota Depok Mohammad Idris saat mendatangi kegiatan vaksinasi di Kecamatan Cimanggis, Senin 28 Maret 2022. (DOK: Diskominfo Kota Depok)
Wali Kota Depok Mohammad Idris saat mendatangi kegiatan vaksinasi di Kecamatan Cimanggis, Senin 28 Maret 2022. (DOK: Diskominfo Kota Depok)

DepokToday.com – Wali Kota Depok Mohammad Idris meminta masyarakat tidak abai terhadap protokol kesehatan (prokes), meski pemerintah pusat telah mengizinkan melepas masker diruang terbuka.

“Kita relatif memang bisa bebas (masker), tetapi kalau ada acara di dalam ruangan tetap masih wajib karena memang level dua (PPKM) masih berlaku ketentuannya,” kata Idris belum lama ini.

Idris mengatakan, pernyataan Presiden Joko Widodo yang mengizinkan melepas masker harus dapat dicerna dengan baik oleh masyarakat.

Baca Juga: Surat Interpelasi DPRD Belum Sampai Kepada Wali Kota Depok

“Itu harus dipahami juga, bahwa itu artinya di tempat publik yang tidak ada kerumunan. Bukan diwajibkan ya tetapi dibolehkan seperti itu, dan tidak ada lagi diperketat seperti dahulu,” kata Idris,

Dengan begitu, Idris menyebut, dirinya tetap meminta masyarakat mengenakan masker meski berada diluar ruang, dengan ketentuan jika ada kerumunan dan keramaian.

“Tempat-tempat di luar yang memang ada kerumunan, keramaian, kita tetap bermasker,” katanya.

Baca Juga: Dengerin Nih! Polda Metro Jaya Bakal Pecat Anggotanya yang Selingkuh

Idris mengingatkan, kasus aktif Covid-19 di Indonesia saat ini masih belum hilang, dan status pandemi juga belum dicabut. “Kasus aktifnya masih ada ya, masih lima ribuan sekian se Indonesia,” tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi akhirnya mengizinkan masyarakat untuk melepas masker. Tak hanya itu, ia juga menghapus aturan tes PCR dan rapid antigen bagi mereka yang melakukan perjalanan dalam negeri dan luar negeri.

Halaman:

Editor: Zahrul Darmawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mayat Wanita di Kali Krukut Ternyata Warga Depok

Kamis, 30 Juni 2022 | 20:00 WIB
X