TPA Cipayung Riwayatmu Kini, Semakin Dijejali Sampah Meski Sudah Overload

- Senin, 23 Mei 2022 | 19:51 WIB
Kondisi TPA Cipayung yang semakin mengkhawatirkan.  (DepokToday.com/Zahrul Darmawan)
Kondisi TPA Cipayung yang semakin mengkhawatirkan. (DepokToday.com/Zahrul Darmawan)

DepokToday.com – Kondisi Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Cipayung semakin mengkhawatirkan. Volumenya terus bertambah yang menyebabkan tumpukan sampah semakin menggunung.

Kepala TPA Cipayung, Ardan Kurniawan mengatakan, saat ini ketinggian gunungan sampah di tempat sampah raksasa milik Pemerintah Kota Depok itu sudah mencapai 20 hingga 25 meter dari permukaan tanah.

“Sudah sangat riskan,” kata Ardan kepada wartawan, Senin 23 Mei 2022.

Ardan mengatakan, jika tidak segera dilakukan tindakan, cepat atau lambat kondisi itu akan berubah menjadi bencana. “Mungkin tiga atau dua, bahkan hanya satu bulan lagi (bisa bertahan), kita juga sudah pesimis,” kata Ardan.

Baca Juga: KRL Bogor - Angke dan Cikarang - Jakarta Kota Dinonaktifkan Setelah Selesainya Switch Over Stasiun Manggarai

Baca Juga: Marcelo Ucapkan Selamat Tinggal kepada Penggemar Real Madrid di Stadion Santiago Bernabeu

Ardan mengatakan, bencana longsor pun sempat terjadi beberapa minggu lalu. Akibatnya, pelayanan TPA Cipayung terganggu, kendaraan yang hendak membuang kesana pun tersendat hingga menimbulkan antrean panjang.

“Longsoran-longsoran kecil sering terjadi, terlebih lagi di musim penghujan ini sempat mengalami longsor minggu lalu yang menyebabkan antrian mobil pengangkut sampah ke TPA Cipayung dan pelayanannya sedikit terganggu,” kata Ardan.

Ardan menambahkan, seharusnya sudah sejak lama TPA Cipayung tidak dapat menerima sampah baru, “Dari tahun 2019 itu di kajian sudah dinyatakan bahwa TPA itu sudah over kapasitas, artinya berdasarkan rencana itu seharusnya tidak bisa membuang sampah lagi ke TPA Cipayung,” kata Ardan.

Baca Juga: Niatnya Buru Narkoba dan Pungli, Petugas Malah Temukan Sajam Rakitan di Sel Tahanan Rutan Depok

Halaman:

Editor: Zahrul Darmawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mayat Wanita di Kali Krukut Ternyata Warga Depok

Kamis, 30 Juni 2022 | 20:00 WIB
X