Ribuan Hewan Ternak di Kota Depok Tidak Terjangkit Penyakit Kuku dan Mulut

- Sabtu, 21 Mei 2022 | 22:12 WIB
Pemeriksaan hewan kurban (DepokToday.com)
Pemeriksaan hewan kurban (DepokToday.com)

DepokToday.com - Sampai Jumat, 20 Mei 2022, sebanyak 4.366 ekor hewan ternak telah diperiksa oleh petugas Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Depok.

Pemeriksaan terhadap ribuan hewan ternak itu dilakukan karena mewabahnya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang terjadi di sejumlah daerah.

Kepala DKP3 Kota Depok, Widyati Riyandani, menerangkan, pemeriksaan dilakukan di 103 peternakan dengan total hewan ternak yang diperiksa berjumlah 4.366 ekor.

Jumlah peternakan yang terperiksa per kecamatan yakni Beji tiga tempat, Bojongsari 11 tempat, Cilodong tujuh tempat, Cimanggis dua tempat, Cipayung 13 tempat.

Baca Juga: Pencurian Hewan Ternak di Depok, Peternak Hanya Disisakan Isi Perut

Baca Juga: Awas! di Dalam Air Tenang Ada Hewan Buas Menanti, Nih Videonya

Kemudian, Pancoran Mas delapan tempat, Sawangan 13 tempat, Sukmajaya empat tempat, Tapos 35 tempat, Cinere lima tempat, dan Limo dua tempat.

"Pemeriksaan dilakukan kepada 2.960 ekor sapi, 720 ekor kambing, 661 ekor domba dan 25 ekor kerbau," ujar Widyati Riyandani seperti dikutip berita.depok.go.id, kemarin.

Widyati Riyandani mengungkapkan, hasil pemeriksaan membuktikab bahwa sebanyak 4.352 ekor dinyatakan sehat. Sementara 14 ekor mengalami gejala sakit ringan seperti luka, diare, gangguan pernapasan ringan dan tidak nafsu makan.

"Kesimpulan tidak ditemukan indikasi penyakit eksotis atau penyakit mulut dan kuku," ungkap Widyati Riyandani.(***)

Editor: Tidar Aira

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mayat Wanita di Kali Krukut Ternyata Warga Depok

Kamis, 30 Juni 2022 | 20:00 WIB
X