Kisah Wildan, Penyandang Disabilitas yang Ngebet Masuk UI Karena Ingin Jadi Guru

- Jumat, 20 Mei 2022 | 16:35 WIB
Universitas Indonesia atau UI (Foto: Istimewa)
Universitas Indonesia atau UI (Foto: Istimewa)

DepokToday.comUniversitas Indonesia atau UI mencatat, ada sebanyak 35 peserta difabel yang mengikuti ujian tertulis berbasis komputer untuk masuk ke perguruan tinggi negeri tersebut.

Melalui keterangan tertulisnya, Humas UI mengungkapkan, mereka terdiri atas 12 orang penyandang disabillitas tunanetra dan 23 peserta disabilitas tunadaksa. Untuk peserta disabilitas tunadaksa, ujian dilaksanakan di Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) UI gedung lama.

Sedangkan bagi peserta disabilitas tunanetra, ujian dilakukan pada sesi khusus, yaitu Kamis, 19 Mei 2022, di Laboratorium 1105 Fasilkom gedung lama, kampus Depok.

Sejumlah peserta disabillitas itu mengikuti tahap seleksi didampingi oleh petugas, dan yang melakukan pengecekan kelengkapan ujiannya dari pihak Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Baca Juga: PSI Sodorkan Nama Irjen Fadil Jadi PJ Gubernur DKI Jakarta Gantikan Anies

Baca Juga: Mantan Dukun Santet Ini Bocorkan Rahasia Kenapa Doa Tak Mempan Melawan Sihir

Muhammad Wildan Kausar, salah satu disabilitas yang mengikuti ujian tersebut mengaku, dirinya akan selalu bersemangat untuk mempersiapkan diri mengikuti ujian dengan cara terus belajar dan berlatih.

“Untuk mengikuti ujian UTBK ini, saya melakukan persiapan dengan belajar dan berlatih soal. Selain itu, saya juga mengikuti bimbingan belajar dari sekolah dan bimbingan belajar online untuk menambah dan meningkatkan pemahaman materi,” katanya.

Meski mengalami gangguan penglihatan sejak umur sembilan tahun, Wildan nyatanya berhasil menyelesaikan pendidikannya di SMAN 54 Jakarta.

Halaman:

Editor: Zahrul Darmawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mayat Wanita di Kali Krukut Ternyata Warga Depok

Kamis, 30 Juni 2022 | 20:00 WIB
X