Kapasitas Angkut Penumpang KRL Commuter Line Jabodetabek dan Jogja - Solo Sudah Boleh 80 Persen

- Kamis, 19 Mei 2022 | 06:39 WIB
Penumpang KRL Commuter Line hendak menggunakan fasilitas lift di Stasiun Universitas Pancasila, Jakarta Selatan.(Foto: Depoktoday.com/Tidar Aira)
Penumpang KRL Commuter Line hendak menggunakan fasilitas lift di Stasiun Universitas Pancasila, Jakarta Selatan.(Foto: Depoktoday.com/Tidar Aira)

DepokToday.com - Kapasitas angkut penumpang KRL Commuter Line Jabodetabek dan Yogyakarta - Solo serta KA Lokal mulai tanggal 18 Mei 2022 sudah boleh sebanyak 80 persen.

Hal ini mengacu pada aturan terbaru dari pemerintah melalui Surat Edaran Kemenhub Nomor 57 Tahun 2022.

Dalam aturan tersebut, kereta komuter di wilayah aglomerasi termasuk KRL Jabodetabek dan KRL Yogyakarta – Solo diperkenankan melayani pengguna hingga 80% dari kapasitas atau sebanyak 130-135 pengguna per kereta.

Jumlah ini meningkat 20 persen setelah sebelumnya hanya melayani 60 persen dari kapasitas penumpang.

Sedangkan untuk kapasitas pengguna KA-KA Lokal perkotaan di wilayah Merak, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya, diatur jumlah pengguna paling banyak 100% sesuai kapasitas.

Meskipun terdapat aturan perjalanan yang lebih fleksibel sejalan dengan penanganan pandemi COVID-19 yang membaik, seluruh pengguna tetap perlu mengikuti aturan dan protokol kesehatan yang berlaku.

Melalui laman media sosial Facebooknya, KAI Commuter mengingatkan kepada seluruh penumpang wajib memakai masker dengan benar hingga menutup hidung, mulut, dan dagu secara sempurna.

Selain itu, para penumpang juga wajib menunjukan sertifikat vaksin melalui aplikasi PeduliLindungi atau menunjukkan sertifikat vaksin secara manual kepada petugas.

"KAI Commuter juga terus mengimbau untuk tetap jaga jarak saat duduk di kursi KRL maupun saat berdiri di dalam perjalanan KRL, serta selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah naik kereta," tulis KAI Commuter di akun Facebooknya, Commuter Line, Rabu 18 Mei 2022.

Halaman:

Editor: Tidar Aira

Sumber: Facebook

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polemik KDS! Nyaring Diawal, Senyap Kemudian

Rabu, 22 Juni 2022 | 15:00 WIB

Murid Global Sevilla Diedukasi Naik MRT Jakarta

Rabu, 22 Juni 2022 | 07:00 WIB
X