Sempurnakan KDS, Wawalkot Depok Bakal Luncurkan Kode D'Maskin, Apa Itu?

- Minggu, 15 Mei 2022 | 06:00 WIB
Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono (pakai kopiah), memantau kegiatan swab antigen bagi ASN dan non-ASN Pemkot Depok, Senin 9 Mei 2022.(Foto: depok.go.id)
Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono (pakai kopiah), memantau kegiatan swab antigen bagi ASN dan non-ASN Pemkot Depok, Senin 9 Mei 2022.(Foto: depok.go.id)

DepokToday.com – Pemerintah Kota Depok bakal mempermudah masyarakat pra sejahtera untuk dapat mendaftar Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Melalui media dalam jaringan (daring) atau online.

Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono mengatakan, pihaknya tengah menyiapkan aplikasi yang dinamakan Kota Depok Masyarakat Miskin atau Kode D’Maskin.

“Dalam waktu dekat, warga, RT-RW, lurah dapat mendaftarkan langsung ke aplikasi yang sedang disiapkan Pemkot Depok yaitu aplikasi Kota Depok Data Masyarakat Miskin atau Kode D’Maskin,” kata Imam dilansir berita.depok.go.id, Sabtu 14 Mei 2022.

Baca Juga: Dicecar DPRD, Begini Komentar Warga Depok Soal KDS

Imam menjelaskan, DTKS merupakan data utama yang digunakan oleh Pemerintah Kota Depok untuk menjangkau masyarakat pra sejahtera agar dapat diberikan bantuan sosial, salah satunya adalah Kartu Depok Sejahtera (KDS).

“Beberapa syarat agar bisa mendapatkan program KDS, diantaranya penerima adalah masyarakat miskin yang ber-KTP Depok dan terdata di dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS),” kata Imam.

Imam mengatakan, KDS merupakan Kartu identitas yang berfungsi sebagai Social Security Card Depok berbentuk Kartu ATM yang terintegrasi dengan satu data kemiskinan yang diberikan kepada keluarga sasaran jaminan perlindungan sosial atau masyarakat pra-sejahtera.

Baca Juga: Dihadapan Jamaah, UAS Rebut Minuman Bekas Pimpinan Gontor, Ini Sebabnya

“Tentu tujuannya agar warga pra-sejahtera mendapatkan berbagai bantuan sosial,” kata Imam.

Adapun jaminan perlindungan sosial tersebut seperti pemenuhan akses layanan dasar Pendidikan, Kesehatan dan Ekonomi di Kota Depok. Yang berdasarkan parameter kemiskinan yang di tetapkan Pemkot Depok agar program Penanggulangan Sosial lebih tepat sasaran dan akuntabel.

Halaman:

Editor: Zahrul Darmawan

Sumber: berita.depok.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ibas Ditemukan Tewas di Kali Ciliwung

Jumat, 27 Mei 2022 | 12:53 WIB
X