Tak Mau Kecolongan Hepatitis Akut, Dinas Kesehatan Depok Siagakan Seluruh Layanan Kesehatan

- Minggu, 15 Mei 2022 | 05:00 WIB
Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok Mary Liziawati saat menghadiri kick-off vaksinasi anak 6-11 tahun di SDN Depok 01, Selasa 14 Desember 2021.  (Foto: Depoktoday.com/Ade Ridwan)
Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok Mary Liziawati saat menghadiri kick-off vaksinasi anak 6-11 tahun di SDN Depok 01, Selasa 14 Desember 2021. (Foto: Depoktoday.com/Ade Ridwan)

DepokToday.com – Hepatitis akut sedang mengancam belakangan ini. Virus yang masih misterius itu dengan cepat merebak. Mengantisipasi hal itu, Dinas Kesehatan Kota Depok mulai bersiap untuk menghadapinya.

Kepala Dinas Kesehatan Mary Liziawati mengaku, tidak ingin kecolongan dengan hepatitis akut, untuk itu pihaknya telah menyiagakan seluruh fasilitas kesehatan di Depok untuk dapat menangani secara dini gejala virus tersebut.

“Sudah kami lakukan sosialisasi kepada seluruh pelayanan kesehatan, Insya Allah semuanya siap meningkatkan kewaspadaan terhadap kasus hepatitis,” kata Mary dilansir dari berita.depok.go.id, Sabtu 14 Mei 2022.

Baca Juga: KAI Layani 4,39 Juta Pelanggan Selama Masa Angkutan Lebaran 2022

Mary menyebut, layanan kesehatan di Kota Depok siap menangani kasus hepatitis. Penanganan yang dilakukan tentunya sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP), kemampuan, dan kewenangan.

“Di Kota Depok terdapat 38 Puskesmas dan 24 Rumah Sakit. Termasuk, klinik dan praktek mandiri,” kata Mary.

Lebih lanjut, Mary menambahkan, jika ditemui kasus hepatitis dengan gejala awal, maka akan dilakukan pemeriksaan fungsi hati. Dari 38 Puskesmas di Kota Depok, terdapat 19 Puskesmas yang dapat melakukan pemeriksaan fungsi hati.

Baca Juga: Polemik KDS, Wakil Wali Kota Depok: Itu Adalah Program Tambahan dan Pelengkap Bagi Warga Miskin

Adapun 19 Puskesmas tersebut antara lain Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Pancoran Mas, UPTD Puskesmas Rangkapan Jaya, UPTD Puskesmas Cimanggis, dan UPTD Puskesmas Sawangan. Kemudian UPTD Puskesmas Pasir Putih, UPTD Puskesmas Pengasinan, UPTD Puskesmas Cinangka, dan UPTD Puskesmas Limo.

Selanjutnya, tambah Mary, UPTD Puskesmas Sukmajaya, UPTD Puskesmas Abadijaya, UPTD Puskesmas Baktijaya, dan UPTD Puskesmas Beji. Lalu, UPTD Puskesmas Tanah Baru, UPTD Puskesmas Cipayung, dan UPTD Puskesmas Cilodong.

Halaman:

Editor: Zahrul Darmawan

Sumber: berita.depok.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X