Begini Penampakan Aktifitas Dalam Rumah Tahanan Kelas I Depok, Ada Kegiatan Rohani Hingga Pelatihan Kerja

- Jumat, 13 Mei 2022 | 16:36 WIB
Warga Binaan Pemasyarakatan Rutan Kelas I Depok saat menjalani bimbingan rohani (Dok. Rutan Kelas I Depok)
Warga Binaan Pemasyarakatan Rutan Kelas I Depok saat menjalani bimbingan rohani (Dok. Rutan Kelas I Depok)

DepokToday.com – Banyak dari kita yang bertanya-tanya, apa saja kegiatan yang dilakukan para narapidana didalam penjara atau Rumah Tahanan (Rutan). Bagi penggemar film, salah satu yang dapat menjadi rujukan adalam Prison Break.

Lantas, bagaimanakah kehidupan sebenarnya didalam penjara. Kepala Subseksi Bantuan Hukum dan Penyuluhan (BHP) Rutan Kelas I Depok Didiek Nurbani menceritakan, selama menjalani hukumannya, para narapidana tetap dibina agar bisa kembali ke jalan yang benar setelah selesai menjalani hukuman.

Ada berbagai kegiatan mulai dari kegiatan kerohanian hingga pelatihan kerja yang diharapkan bisa tetap produktif selama berada dalam Rutan Kelas I Depok.

Baca Juga: ABG Depok Kembali Jadi Korban Kebringasan Begal, Begini Kondisinya

“Kelompok Belajar Terpadu (Keladu) dan Kajian Islam merupakan salah satu Program Pembinaan Kerohanian yang ada di Rutan Kelas I Depok,” kata Didiek melalui keterangan persnya, Jumat 13 Mei 2022.

Didiek mengatakan, kegiatan itu diisi dengan berbagai kegiatan seperti, Baca Tulis Al-Quran hingga pemahaman tentang Ilmu Tajwid. Selain Keladu, kajian Islam pun menjadi kegiatan yang rutin diikuti Para WBP (Warga Binaan Pemasyarakatan) mulai dari tausyiah hingga kajian Islam dengan berbagai tema lainnya.

“Kami terus berkomitmen memberikan kualitas Program Pembinaan dengan terus menghadirkan inovasi sehingga program pembinaan yang wajib diikuti oleh WBP beragama Islam ini nantinya dapat membentuk karakter dan mental WBP dengan baik dan terarah,” kata Didiek.

Baca Juga: PT INKA dan KAI Commuter Lakukan Pengadaan 16 Rangkaian KRL Baru

Selain kegiatan kerohanian, Didiek melanjutkan, Rutan Kelas I Depok juga memiliki kegiatan Penyuluhan Program Kerja Tahanan Pendamping (Tamping). Kegiatan itu diisi dengan pelatihan kerja bagi tamping atau tahanan yang sebentar lagi menghirup udara bebas.

“Kami juga ada reward kepada tamping teladan, agar tiap-tiap tahanan termotivasi,” kata Didiek.

Halaman:

Editor: Zahrul Darmawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ibas Ditemukan Tewas di Kali Ciliwung

Jumat, 27 Mei 2022 | 12:53 WIB
X