Gara-gara Perang Rusia Dengan Ukraina, Depok Batal Buang Sampah ke TPPAS Lulut-Nambo

- Rabu, 13 April 2022 | 15:25 WIB
Tempat Pengolahan dan Pemrosesan Akhir Sampah (TPPAS) Lulut Nambo, Kabupaten Bogor. (Foto: Ceklissatu.com)
Tempat Pengolahan dan Pemrosesan Akhir Sampah (TPPAS) Lulut Nambo, Kabupaten Bogor. (Foto: Ceklissatu.com)

DepokToday.com – Pemerintah Kota Depok kembali dibuat gigit jari oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat soal pembuangan sampah ke Tempat Pengolahan dan Pemrosesan Akhir Sampah (TPPAS) Lulut-Nambo, Kabupaten Bogor.

Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono mengatakan, berdasarkan hasil pertemuannya dengan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat dan PT. JBL, pembuangan sampah ke TPPAS Lulut-Nambo dipastikan terjadi kemunduran lagi.

“Tadi saya ke Nambo, sudah kesekian kalinya kita belum bisa buang sampah kesana, (padahal) awalnya Februari lalu bisa membuang, tapi pertemuan hari ini ngaret lagi,” kata Imam kepada wartawan, Rabu 13 April 2022.

Baca Juga: Blak-blakan Bicara Pilkada 2024, Pradi: Perintah Partai Akan Saya Laksanakan...

Pria yang karib disapa IBH itu mengatakan, ada berbagai persoalan yang menyebabkan terjadinya kemunduran itu, salah satu diantaranya karena curah hujan yang tinggi.

“Curah hujan yang cukup besar membuat infrastruktur di Nambo banyak terkena imbas, diantaranya adalah longsor,” kata Imam.

Selain itu, lanjut Imam, PT. JBL dan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat juga mengungkapkan alasan lain terkait penyebab mundurnya penyelesaian TPPAS Lulut-Nambo, karena adanya perang Rusia dan Ukraina.

Baca Juga: Pihak UI Prihatin Atas Kejadian yang Menimpa Ade Armando dan Meminta Kasusnya Diusut Tuntas

“Mesin pengadaan buat pengolahan sampah menjadi RDF tertunda kedatangannya akibat dari perang antara Rusia dengan Ukraina karena mesin itu dihadirkan dari luar negeri,” kata Imam.

Namun begitu, Imam mengatakan, pihaknya telah diyakinkan oleh PT. JBL dan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat bahwa akhir Mei 2022, TPPAS Lulut-Nambo sudah bisa beroperasi.

Halaman:

Editor: Zahrul Darmawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ibas Ditemukan Tewas di Kali Ciliwung

Jumat, 27 Mei 2022 | 12:53 WIB
X