Ridwan Kamil Luncurkan Jabar Cekas Sebagai Penangkal Kekerasan Pada Perempuan dan Anak

- Jumat, 8 April 2022 | 15:09 WIB
Peresmian Jabar Cekas oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di SMAN 4, Tapos, Kota Depok, Jumat 8 April 2022. (DepokToday.com/Zahrul Darmawan)
Peresmian Jabar Cekas oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di SMAN 4, Tapos, Kota Depok, Jumat 8 April 2022. (DepokToday.com/Zahrul Darmawan)

DepokToday.com – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil kampanyekan program baru yang bertujuan untuk menangkal kasus kekerasan pada perempuan dan anak yaitu program Jawa Barat Berani Cegah Kekerasan (Jabar Cekas). Peresmian program tersebut dilakukan di SMAN 4, Kota Depok, Jawa Barat, Jumat 8 April 2022.

“Cekas dalam bahasa sunda artinya jelas atau tegas, sehingga kita buat singkatan menjadi Cegah Kekerasan,” kata Ridwan Kamil saat membuka program tersebut.

Kamil mengatakan, masalah seputar perempuan dan anak masih menjadi persoalan di Jawa Barat, kekerasan fisik, kekerasan seksual dan segala macamnya masih kerap ditemui. “Ini menjadi preseden besar dan tentu kita tidak bisa hanya diam memonitor urusan peradilannya,” kata Kamil.

Baca Juga: Kunjungi Rumah Terdampak Angin Kencang di Limo, Idris: Layak untuk Dibantu

“Kita harus menjadi masyarakat yang lebih cerdas, lebih bersiap terhadap kelemahan kita sebagai manusia,” tambahnya.

Ada 10 program turunan yang diusung oleh Jabar Cekas diantaranya Berani Melawan, Berani Berkata Tidak, Berani Menolak, Berani Melindungi, Berani Melapor, Berani Berpihak Kepada Korban, Berani Bergerak, Berani Bicara, Berani Maju, dan Berani Mencegah

Dengan adanya Jabar Cekas, Kamil berharap, kekerasan yang dialami oleh perempuan dan anak khususnya di Jawa Barat ini tidak lagi terjadi.

Baca Juga: Eks Bos Persikad Bungkam SETARA Institute Soal Depok Kota Intoleran  

“Mudah-mudahan mulai hari ini dengan adanya Jabar Cekas, Jabar tidak ada lagi berita-berita peristiwa kekerasan terhadap perempuan dan anak, baik diruang privat, publik maupun pendidikan," kata Kamil.

Kamil mengatakan, pelaksanaan Jabar Cekas ini melibatkan pentahelix yang terdiri dari akademisi, pengusaha, komunitas, pemerintah dan media.

Halaman:

Editor: Zahrul Darmawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ibas Ditemukan Tewas di Kali Ciliwung

Jumat, 27 Mei 2022 | 12:53 WIB
X