Setara Institute Vonis Depok Sebagai Kota Paling Intoleran

- Kamis, 31 Maret 2022 | 17:14 WIB
Pintu masuk kawasan Margonda tepatnya fly over UI, Depok. (DepokToday.com/Zahrul Darmawan)
Pintu masuk kawasan Margonda tepatnya fly over UI, Depok. (DepokToday.com/Zahrul Darmawan)

DepokToday.com – Belum lama ini Setara Institute kembali menerbitkan rilis indeks daerah toleran dengan indikator keberagaman sepanjang tahun 2021. Hasilnya, Depok berada diurutan buncit dengan nilai paling rendah. Kok bisa? Berikut ulasannya.

Dari data tersebut terlihat, Setara Institute menilai Kota Singkawang Kalimantan Barat, dinobatkan sebagai wilayah paling toleran di Indonesia dengan skor 6,483.

Indeks itu diperoleh Setara Institute dari hasil studi dengan paradigma hak konstitusional warga, serta hak asasi manusia yang menggunakan 8 indikator, terhadap 98 kota di Indonesia, di mana empat kota administrasi di DKI Jakarta dijadikan satu.

Adapun indikator penilaian antara lain, rencana pembangunan, kebijakan diskriminatif, peristiwa intoleransi, dinamika masyarakat sipil, pernyataan publik pemerintah kota, tindakan nyata pemerintah kota, heterogenitas agama, dan inklusi sosial keagamaan.

“Kami mengukur kota dengan empat variable dan delapan indikator. Kami input dan skoring dengan pembobotan dan sebagainya. Kami juga melakukan self-assesment. Kami tanyakan quesioner ke masyarakat tentang kinerja kota mereka,” ucap Direktur Eksekutif Setara Institute, Ismail Hasani, seperti dilansir dari Alonesia pada Kamis, 31 Maret 2022.

Baca Juga: Sadis! Babinsa dan Istrinya Dibantai OTK di Papua, Sang Anak Tangannya Dipotong  

Baca Juga: Siti Fadilah Buka Rahasia, Sebenarnya Pandemi Sudah Berakhir, Tapi...

Setara Institute (Foto: Istimewa)

Menanggapi hal itu, Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie menegaskan bahwa keberhasilan ini merupakan hasil kerja sama seluruh pihak.

Halaman:

Editor: Zahrul Darmawan

Sumber: Alonesia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X