Wakil Wali Kota Depok Beberkan Pentingnya Keberadaan Bank Sampah, Ternyata Ini Manfaatnya

- Selasa, 29 Maret 2022 | 12:19 WIB
Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono saat memimpin apel upacar. (Dok: Diskominfo Kota Depok)
Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono saat memimpin apel upacar. (Dok: Diskominfo Kota Depok)

DepokToday.com-Selain sebagai tempat penampungan sampah, keberadaan Bank Sampah  ternyata sangat penting yakni memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat.

"Bank sampah ini penting banget bagi kita karena bisa mengubah sampah yang awalnya musibah menjadi berkah, bisa diubah menjadi uang," ujar Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono (IBH), Senin 28 Maret 2022.

Kata IBH, memilah sampah juga termasuk dalam peran Rahmatan Lil Alamin, karena dapat membawa kebaikan. Bukan hanya kepada umat manusia tetapi juga bagi lingkungan dan juga makhluk hidup yang lainnya.

"Dengan melakukan pemilahan sampah ini kita sudah menjaga alam, lingkungan menjadi bersih," ucap IBH usai kegiatan pencairan tabungan Bank Sampah Rosela di Kelurahan Pangkalan Jati Baru, Kecamatan Cinere.

Baca Juga: Tertunda! Pembuangan Sampah dari Kota Depok ke TPPAS Lulut Nambo

Baca Juga: Eks Ketua FPI Depok Desak Relokasi Tempat Sampah dari Situ Rawa Besar

Ia menambahkan, sampah yang dihasilkan rumah tangga bisa diolah menjadi hal yang berguna. Sampah plastik dapat didaur ulang menjadi barang serbaguna, sampah organik bisa diubah menjadi pupuk dan maggot atau belatung untuk pakan ternak.

"Pupuk bisa digunakan untuk menyuburkan tanaman. Sedangkan maggot atau belatung bisa dipakai sebagai pangan hewan ternak seperti ayam dan lele," tambahnya.

IBH meminta agar setiap RW yang ada di Kecamatan Cinere memiliki minimal satu bank sampah. agar dapat mengurangi sampah yang dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung.

Halaman:

Editor: Tidar Aira

Sumber: depok.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ibas Ditemukan Tewas di Kali Ciliwung

Jumat, 27 Mei 2022 | 12:53 WIB
X