Menguak Modus Gepeng Musiman di Depok, Sehari Dapat Rp 500 Ribu, Bisa Sampai....

- Senin, 28 Maret 2022 | 19:37 WIB
Pelanggar penyakit masyarakat yang terjaring Satpol PP Kota Depok, Jumat 27 Agustus 2021. Foto: Istimewa
Pelanggar penyakit masyarakat yang terjaring Satpol PP Kota Depok, Jumat 27 Agustus 2021. Foto: Istimewa

DepokToday.com- Penyandang Masalah Kesejahteran Sosial (PMKS) seperti gelandangan dan pengemis alias gepeng, jumlahnya kerap meningkat saat bulan suci Ramadhan. Kondisi itu terjadi hampir di sejumlah kota, termasuk Depok.

Untuk mengantisipasi adanya gepeng musiman itu, pihak Satuan Polisi Pamong Praja (SatpolPP) Kota Depok pun berjanji bakal melakukan razia, dengan titik utama di Jalan Margonda.

“Berdasarkan pengalaman 2 tahun kebelakang ini, di jalan-jalan protokol memang biasanya gepeng mengalami peningkatan, terutama yang musiman. Nah ini yang kami sudah antisipasi juga, nanti mulai memasuki bulan Ramadan, insya Allah ada patroli untuk melakukan penertiban,” kata Kasat Pol PP Kota Depok, Lienda Ratnanurdiany saat dikonfirmasi pada Senin, 28 Maret 2022.

Baca Juga: Penangkapan Tuyul Bikin Geger Warga, Begini Wujudnya

Baca Juga: Minta Umat Islam Lawan Ketidakadilan, Menantu Habib Rizieq: Diamnya Kalian Ketika...

Ia tak menampik, keberadaan gepeng kerap mengalami peningkatan saat Ramadhan. Penyebabnya, banyak masyarakat yang membagi-bagikan sedekah di jalanan.

“Kami bukannya melarang sedekah di bulan puasa, itu (sedekah) bagus. Namun apabila sedekah itu disampaikan dengan cara yang lebih baik tentu tidak akan mengganggu ketentraman dan ketertiban. Misalnya dibagikan di masjid atau di tempat-tempat yang tidak mengganggu ketertiban umum,” jelasnya.

Kepala Satpol PP Depok, Lienda Ratnanurdiany (Foto: DepokToday.com/Zahrul Darmawan)

“Kalau di jalan kan tidak aman karena juga menggangu ketertiban dan kelancaran berlalu lintas. Apalagi Jalan Margonda juga cukup lumayan padat, jangan sampai itu mengganggu aktivitas para pengendara lainnya,” sambung dia.

Halaman:

Editor: Zahrul Darmawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ibas Ditemukan Tewas di Kali Ciliwung

Jumat, 27 Mei 2022 | 12:53 WIB
X