Aturan Terbaru Naik KRL Commuter Line: Kapasitas Angkut 60%, Penumpang Dapat Duduk Tanpa Jarak

- Rabu, 9 Maret 2022 | 06:00 WIB
KRL Commuter Line.(Foto: DepokToday.com/Tidar Aira)
KRL Commuter Line.(Foto: DepokToday.com/Tidar Aira)

DepokToday.com-Mulai hari ini, Rabu 9 Maret 2022, KAI Commuter mengeluarkan aturan terbaru untuk penumpang yang naik KRL Commuter Line di masa pandemi COVID-19.

Dengan mengikuti Surat Edaran (SE) Kemenhub Nomor 25 tahun 2022, penumpang KRL Commuter Line Jabidetabek dan KRL rute Jogja-Solo diperkenankan mengangkut hingga 60% kapasitas penumpang.

"Ini merupakan peningkatan setelah sebelumnya hanya melayani 45% dari kapasitas," tulis laman media sosial facebook, Commuter Line, Rabu 9 Maret 2022 dini hari WIB.

Selain naiknya kapasitas, penumpang KRL Commuter Line kini dapat duduk tanpa jarak. Sebelumnya, penumpang yang dibolehkan duduk di bangku umum hanya empat orang sedangkan di bangku prioritas cuma dua orang.

Petugas KA Commuter mencabut tanda pembatas tempat duduk.(Foto: Facebook/Commuter Line)

Petugas KAI Commuter telah mencabut dan membersihkan tempat duduk di KRL Commuter Line dari marka jaga jarak yang sebelumnya terpampang di kursi.

Dengan dihapusnya marka pada tempat duduk, KAI Commuter mengajak pengguna untuk lebih disiplin mengikuti marka berdiri. Marka berdiri tetap berlaku sejalan dengan pembatasan kapasitas yang diatur dalam SE Kemenhub.

Selain itu anak usia di bawah lima tahun (balita) yang sebelumnya belum diizinkan menggunakan KRL Commuter Line, kini sudah dapat kembali naik KRL dengan syarat didampingi orang tua dan mengikuti protokol kesehatan secara ketat serta menggunakan KRL di luar jam-jam sibuk.

KAI Commuter menghimbau pengguna untuk tetap mengutamakan kesehatan anak terutama yang belum divaksin, dan menghindari mobilitas kecuali untuk urusan penting maupun mendesak.

Halaman:

Editor: Tidar Aira

Tags

Artikel Terkait

Terkini

85 Persen Rumah Tinggal Warga di Jakarta Bebas PBB

Kamis, 18 Agustus 2022 | 08:00 WIB

Jalan Margonda dan Sekitarnya Macet Akibat Banjir

Selasa, 16 Agustus 2022 | 19:03 WIB
X