Underpass Dewi Sartika Siap Digarap, Tinggal Perlintasan di Citayam Nih yang Belum

- Selasa, 15 Februari 2022 | 07:00 WIB
Perlintasan kereta api sebidang di Jalan Dewi Sartika, Pancoran Mas, Kota Depok, yang akan dibangun underpass.(Foto: Dok. DepokToday)
Perlintasan kereta api sebidang di Jalan Dewi Sartika, Pancoran Mas, Kota Depok, yang akan dibangun underpass.(Foto: Dok. DepokToday)

DepokToday.com-Proyek underpass atau terowongan di Jalan Dewi Sartika, Pancoran Mas, Kota Depok, akhirnya siap digarap.

Hal itu ditandai dengan peletakan batu pertama oleh pemimpin Jabar juaraGubernur Jawa BaratRidwan Kamil pada Senin, 14 Februari 2022.

Lokasi proyek underpass Dewi Sartika berada di antara petak Stasiun Depok dengan Stasiun Depok Baru, di mana sejak awal merupakan perlintasan sebidang kereta api.

Karena frekuensi perjalanan KRL Commuter Line Jakarta - Bogor semakin padat sehingga membuat palang pintu perlintasan sering buka dan tutup, maka underpass Dewi Sartika menjadi solusi agar arus lalu lintas kendaraan menuju Dewi Sartika dan Margonda tak akan lagi terhalang kereta.

Jalan Dewi Sartika menghubungkan Jalan Nusantara Raya, perempatan lampu merah Sandra, Jalan Pitara, Jalan Margonda, dan Jalan Kartini. Persis sebelum perlintasan kereta api dari arah Sawangan, terdapat jalan sejajar rel yang menuju Stasiun Depok Baru.

"Proyek underpass baru ini akan menghilangkan pertemuan lalu lintas dengan jalur kereta api yang selama ini karena sering membuat macet luar biasa dan produktivitas juga jadi tersendat sendat," beber Ridwan Kamil.

Dengan menelan anggaran Rp180 miliar, proyek strategis Jawa Barat ini diprediksi akan memakan waktu sembilan sampai sepuluh bulan ke depan.

"Nilai proyeknya adalah kurang lebih Rp 180 miliar itu untuk pembebasan, dan Rp 108 miliar itu untuk konstruksi. Kita kerjasama pembebasannya oleh Pemerintah Kota Depok dan konstruksinya dari dana provinsi Jawa Barat,” jelas gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu.

Peresmian underpass Dewi Sartika oleh pemimpin Jabar juara, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dan pejabat Pemkot Depok (Foto: DepokToday.com/Zahrul Darmawan)

Halaman:

Editor: Tidar Aira

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rumah di Bojonggede Kebakaran, Kakak Beradik Tewas

Jumat, 27 Januari 2023 | 14:04 WIB

Kasus Perceraian di Kota Depok Menurun pada Tahun 2022

Selasa, 24 Januari 2023 | 12:13 WIB
X