Bappeda Sebut Angka Kemiskinan Depok Terendah Dibanding Kabupaten Kota se-Jawa Barat

- Kamis, 3 Februari 2022 | 13:56 WIB
Kepala Bappeda Depok, Dadang Wihana  (Foto: DepokToday/Zahrul Darmawan)
Kepala Bappeda Depok, Dadang Wihana (Foto: DepokToday/Zahrul Darmawan)

DepokToday.com – Kepala Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah (Bappeda) Kota Depok, Dadang Wihana menyebut, angka kemiskinan di Kota Belimbing ini terendah jika dibandingkan dengan kabupaten dan kota se-Jawa Barat.

"Meski angka kemiskinan Kota Depok capai 2,58 persen, kita patut bersyukur masih berada pada posisi paling rendah di Jawa Barat," kata Dadang dilansir berita.depok.go.id, Kamis 3 Februari 2022.

Dadang mengatakan, selain terendah dibanding kabupaten kota yang lain, presentase kemiskinan di Kota Depok juga berada jauh dibawah batas angka kemiskinan Provinsi Jawa Barat yakni 8,40 persen.

Baca Juga: Datang ke Depok, Menkes Budi Beberkan 60 Persen Kelompok Ini Alami Gejala Covid-19 Terparah

Lebih jauh Dadang mengatakan, naiknya angka kemiskinan hampir terjadi merata di semua daerah di Indonesia. Hal ini disebabkan karena kondisi pandemi Covid-19 yang berdampak pada perekonomian masyarakat, termasuk di Kota Depok.

Sebagai upayanya, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok memiliki sejumlah strategi untuk menekan angka kemiskinan. Saat ini program pembangunan salah satunya diorientasikan pada pemulihan ekonomi.

Ilustrasi kemiskinan (Foto: Pixabay)

Lebih jauh, kata Dadang, berbagai program yang sudah ditetapkan adalah 5.000 wirausaha baru (start up) dan 1.000 perempuan pengusaha. Kemudian Kartu Depok Sejahtera (KDS), dan mulai menyelesaikan mismatch atau ketidaksesuaian antara angkatan kerja (lulusan) dengan dunia kerja.

Baca Juga: Pantau Vaksinasi Booster Kota Depok, Menkes Budi Minta Warga Hadapi Omicron dengan Percaya Diri

"Selain itu, kami gairahkan kembali investasi yang dapat menyerap tenaga kerja lokal. Semua program ini merupakan upaya untuk menekan angka kemiskinan di Kota Depok," pungkasnya. ***

Halaman:

Editor: Ade Ridwan

Sumber: berita.depok.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

H. Munir Kembali Menjabat Ketua LPM Pondok Cina

Senin, 26 September 2022 | 21:30 WIB
X