Dinkes Depok Klaim, Rumah Sakit Siap Hadapi Gelombang Ketiga Covid-19

- Kamis, 20 Januari 2022 | 19:00 WIB
Ilustrasi, penanganan pasien COVID-19  (Foto: Istimewa)
Ilustrasi, penanganan pasien COVID-19 (Foto: Istimewa)

DepokToday.com – Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok Mary Liziawati menjamin sebagian besar rumah sakit telah siap menghadapi lonjakan drastis kasus Covid-19 untuk yang ketiga kalinya ini.

“Dari awal juga sudah kita ingatkan, ahli epidemiologi juga sudah memprediksi bahwa Februari dan Maret 2022, akan kembali terjadi lonjakan,” kata Mary kepada wartawan, Kamis 20 Januari 2022.

Sebagai gambaran, pada lonjakan Covid-19 yang terjadi pada bulan Juni 2021 lalu, kondisi di hampir seluruh rumah sakit se-Kota Depok mengalami ketegangan. Pasien terus berdatangan setiap harinya dalam jumlah dua kali lipat dari hari biasanya, sementara sarana prasarana seperti ruang perawatan dan oksigen tidak memadai.

Baca Juga: Hati-hati, Covid-19 di Kota Depok Sedang Meningkat, Kadinkes: Tertinggi se-Jawa Barat

Ditambah lagi sumber daya manusia di rumah sakit yang juga tidak representatif dan hampir sebagian besar pasien yang masuk dalam kondisi berat. Alhasil, angka kematian saat terjadinya gelombang kedua sangatlah tinggi.

Untuk itu, Mary menjamin, kondisi itu tidak akan lagi terjadi saat prediksi gelombang ketiga pandemi ini. “Dengan pengalaman di bulan Juni 2021, ketika lonjakan kedua, kita sudah antisipasi itu, semoga tidak terjadi seperti itu,” kata Mary.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok Mary Liziawati saat menghadiri kick-off vaksinasi anak 6-11 tahun di SDN Depok 01, Selasa 14 Desember 2021. (Foto: Depoktoday.com/Ade Ridwan)

Diberitakan sebelumnya, Mary menjelaskan, sebaran Covid-19 di Kota Depok saat ini sedang mengalami peningkatan. Hal itu ditunjukkan dengan kasus aktif Covid-19 di Kota Depok sudah diangka 341 kasus atau naik 75 kasus dari hari sebelumnya. Angka ini cukup fantastis jika dibandingkan dengan awal Januari 2022 yang hanya 17 kasus aktif.

Baca Juga: Antisipasi Pemkot Depok jika Kasus Covid-19 Naik Drastis, Buka kembali Opsi Karantina Terpusat

“Intinya si dengan kondisi peningkatan kasus yang cukup tinggi, kita selalu mengingatkan ke masyarakat untuk kembali menerapkan prokes secara tepat dan jangan abai,” kata Mary.

Halaman:

Editor: Ade Ridwan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X