Gunung Berapi Bawah Laut Tonga Meletus hingga Sebabkan Tsunami di Jepang, Begini Dampaknya untuk Indonesia

- Minggu, 16 Januari 2022 | 15:10 WIB
Gunung api bawa laut Tonga (Foto: Pikiran Rakyat)
Gunung api bawa laut Tonga (Foto: Pikiran Rakyat)

DepokToday - Gunung berapi bawah laut Tonga meletus hingga menyebabkan terjadinya tsunami di sejumlah wilayah. Dari data yang berhasil dihimpun, letusan gunung itu menimbulkan tsunami di daerah Twofold Bay, Australia pada tanggal 15 Januari 2022 pukul 19.05 WIB dengan ketinggian 67 cm dan di daerah Lombrum Manus Island.

Tidak hanya Australia, tsunami dikabarkan juga melanda Jepang pada Minggu, 16 Januari 2022 pagi waktu setempat akibat gunung berapi bawah laut itu.

Melansir dari Pikiran Rakyat, Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika mengungkapkan kondisi Indonesia karena letusan gunung berapi bawah laut itu.

Baca Juga: Tak Sekedar Camilan, Ini Sederet Manfaat Popcorn bagi Kesehatan, Salah Satunya Cegah Kanker

Gunung api bawa laut Tonga (Foto: Pikiran Rakyat)

Di Jepang, sebanyak 210.000 warga diminta untuk menjauhi pantai karena ada potensi tsunami setinggi tiga meter yang mungkin melanda beberapa pulau barat daya Jepang.

Jika dilihat melalui garis pantai, posisi Jepang yang dihantam tsunami melewati Indonesia terlebih dulu.

Oleh karena itu, BMKG menjelaskan kondisi Indonesia terkait dampak yang disebabkan oleh letusan gunung api bawah laut Tonga

Berdasarkan hasil observasi muka laut yang dilakukan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), letusan gunung api tersebut tidak menimbulkan tsunami di wilayah Indonesia," kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno.

Halaman:

Editor: Nur Komalasari

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Terkini

X