Rutan Kelas I Depok Bakal Selenggarakan Program Pendidikan Kesetaraan Paket A, B, dan C untuk Narapidana

- Jumat, 14 Januari 2022 | 19:48 WIB
Antisipasi Corona, sebanyak 700 narapidana berjemur di lapangan utama Rutan Kelas I Depok.  (Foto: DepokToday/Zahrul Darmawan)
Antisipasi Corona, sebanyak 700 narapidana berjemur di lapangan utama Rutan Kelas I Depok. (Foto: DepokToday/Zahrul Darmawan)

DepokToday – Rumah Tahanan atau Rutan Kelas I Depok bakal menyelenggarakan program Pendidikan Kesetaraan Paket A, B, dan C yang diperuntukkan bagi narapidana yang putus sekolah karena harus menjalani masa tahanan.

Kepala Rutan Kelas I Depok, Andi Gunawan mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya bakal menjalin kerja sama dengan Dinas Pendidikan Kota Depok dan pusat kegiatan belajar mengajar guna mewujudkan hal tersebut.

“Rencana nanti kita bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kota Depok dan pusat kegiatan belajar mengajar akan melaksanakan kejar paket A B dan C,” kata Andi kepada wartawan, Jumat 14 Januari 2022.

Baca Juga: Berkah Natal 2021, Puluhan Napi Rutan Depok Dapat Hadiah Remisi

Andi mengatakan, program Pendidikan Kesetaraan tersebut harus diberikan kepada narapidana, agar mereka tetap mendapatkan kesempatan yang sama pada dunia pendidikan, meski harus menjalani masa tahanan akibat perbuatannya.

“Supaya warga binaan kami yang masih usia produktif tapi tidak bisa menamatkan sekolah bisa kami fasilitasi, harapannya ketika bebas nanti dan adanya sertifikat kejar paket A, B, C bisa mendapatkan kesempatan yang sama dengan yang lainnya dalam melamar pekerjaan atau melanjutkan ke perguruan tinggi,” kata Andi.

Kepala Rutan Kelas I Depok, Andi Gunawan (Foto: Dok. Humas Rutan Kelas I Depok)

Selain itu pula, tambah Andi, dengan ditanamkannya modal pendidikan kepada para narapidana di Rutan Kelas I Depok, diharapkan dapat meningkatkan kualitas para pribadinya.

Baca Juga: Rutan Depok Beri Penguatan Internal, Karutan: Pengamanan yang Tegas dan Humanis

“Supaya nanti ketika dia bebas, bisa menjadi pribadi yang sadar hukum, taat hukum dan tidak melanggar hukum lagi,” kata Andi.

Halaman:

Editor: Ade Ridwan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Selebrasi Gol Tarian Brasil Tuai Kontroversial

Rabu, 7 Desember 2022 | 21:09 WIB

Bang Yos Resmikan AMEC Sport Center Bojongsari Depok

Senin, 5 Desember 2022 | 08:05 WIB
X