Vaksin Booster Depok, Dinas Kesehatan: Hanya Tersedia 2 Jenis Vaksin Yakni Pfizer dan Moderna

- Rabu, 12 Januari 2022 | 17:30 WIB
Masyarakat prioritas kategori lanjut usia (lansia) sedang disuntikkan vaksin dosis ketiga atau vaksin booster di Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI), Rabu 12 Januari 2022. (Foto: DepokToday/Ade Ridwan)
Masyarakat prioritas kategori lanjut usia (lansia) sedang disuntikkan vaksin dosis ketiga atau vaksin booster di Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI), Rabu 12 Januari 2022. (Foto: DepokToday/Ade Ridwan)

DepokToday – Dinas Kesehatan atau Dinkes Kota Depok menjelaskan, vaksin Covid-19 dosis ketiga atau vaksin booster ini hanya tersedia dua jenis yakni Pfizer dan Moderna.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Depok, Umi Zakiati mengatakan, dua jenis vaksin itu akan disesuaikan pemberiannya dengan jenis vaksin yang diterima masyarakat pada dosis primernya.

“Untuk yang vaksin primernya (dosis satu dan dua) Sinovac maka boosternya dengan Pfizer sementara yang primernya AstraZeneca itu boosternya Moderna,” kata Umi saat meninjau Kick-off vaksinasi dosis ketiga di Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI), Rabu 12 Januar 2022.

Baca Juga: Kick-off Vaksin Booster di Depok, Idris: Sementara Diperuntukkan Bagi Lansia dan Kelompok Rentan

Umi melanjutkan, untuk dosisnya pun terdapat perbedaan pada vaksin booster ini, yakni setengah dari jumlah dosis pertama dan kedua. “Dosisnya setengah, jadi yang sebelumnya (dosis satu dan dua) 0.5 berarti yang sekarang 0.25,” kata Umi.

Sebelumnya, Wali Kota Depok Mohammad Idris mengatakan, untuk awal pemberian vaksin booster hanya diperuntukkan bagi lansia dan kelompok rentan di Kota Depok.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Dinas Kesehatan Kota Depok, Umi Zakiati. (Foto: Dok. Diskominfo Depok)

“Ini kick-off dosis 3, booster, memang diarahkan dari pusat untuk lansia dan kelompok rentan. Ini yang diutamakan,” kata Idris saat meresmikan pelaksanaan vaksin booster tersebut. “Nanti kalau sudah sekian persen, baru akan diajukan untuk yang lainnya,” tambahnya.

Baca Juga: Polsek Cimanggis Libatkan Captain Amerika Demi Vaksin Anak-anak, di Sukmajaya Targetnya Segini

Idris mengatakan, untuk kick-off ini ditargetkan memberi sebanyak 100 dosis vaksin booster. “Hari ini 100, mungkin yang baru datang 30 dosis,” kata Idris.

Halaman:

Editor: Ade Ridwan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pekan Ini Depok PPKM Level 2 Lagi, Apa Alasannya?

Rabu, 19 Januari 2022 | 11:00 WIB
X