Dosen UNJ Laporkan Dua Putra Presiden Jokowi ke KPK, Ini Kasusnya

- Senin, 10 Januari 2022 | 17:00 WIB
Gedung KPK (Foto: Instagram)
Gedung KPK (Foto: Instagram)

DepokToday- Dosen Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Ubedilah Badrun melaporkan dua putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep ke Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK.

Keduanya diduga terlibat dalam kasus Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN) terkait relasi bisnis. Laporan tersebut dilayangkan pada Senin, 10 Januari 2022.

“Laporan ini terkait dengan dugaan Tipikor dan atau TPPU berkaitan dengan dugaan KKN relasi bisnis anak presiden dengan grup bisnis yang diduga terlibat pembakaran hutan,” kata Ubedilah dikutip dari Suara.com.

Ia menjelaskan, dugaan perkara korupsi ini terjadi pada tahun 2015. Adapun perkara yang menyeret kedua putra Presiden Joko itu adalah salah satu perusahaan besar inisial SN.

Baca Juga: Diperiksa Soal Isu SARA, Ferdinand Hutahaen Bawa ‘Bekal’ Khusus Hadapi Penyidik  

Pihak perusahaan itu sendiri sudah ditetapkan tersangka oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kuhatanan (KLHK) dengan tuntutan mencapai nilai Rp 7,9 triliun. Tapi oleh Mahkamah Agung (MA) hanya dikabulkan Rp 78 miliar.

“Itu terjadi pada Februari 2019 setelah anak presiden membuat perusahaan gabungan dengan anak petinggi perusahaan PT SN,” ujarnya.

Yang jadi persoalan berikutnya, kata Ubedilah, petinggi PT SN beberapa bulan lalu dilantik menjadi dubes di salah satu negara di Asia.

Ubedilah curiga ada keterlibatan Kaesang dan Gibran yang berbisnis dengan salah satu petinggi PT SN. Sebab menurutnya perusahaan itu begitu cepat mendapatkan suntikan dana untuk modal dari perusahaan ventura. Atas dasar itulah ia menilai adanya dugaan KKN.

Halaman:

Editor: Zahrul Darmawan

Sumber: Suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pekan Ini Depok PPKM Level 2 Lagi, Apa Alasannya?

Rabu, 19 Januari 2022 | 11:00 WIB
X