Turun ke Ponpes, Tim FKM UI Bentengi Para Santri dari Penyakit Menular

- Jumat, 7 Januari 2022 | 11:52 WIB
Pengmas TIM FKM UI di Ponpes terkait PHBS (Foto: Istimewa)
Pengmas TIM FKM UI di Ponpes terkait PHBS (Foto: Istimewa)

DepokToday- Sejumlah akademisi dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia atau FKM UI menggelar pengabdian masyarakat di Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Amanah Al-Bantani, Setu, Tanggerang Selatan.

FKM UI sengaja memilih pondok pesantren dengan tujuan memberikan edukasi terkait perilaku hidup bersih dan sehat atau PHBS.

Salah satu dosen FKM UI, Dr. Tris Eryando yang terlibat dalam program ini berharap, kegiatan itu bisa menjadi contoh bagi pondok pesantren lainnya dalam upaya menjaga kesehatan semua warga ponpes.

Sebab menurutnya, saat ini kehidupan di pondok pesantren menjadi cukup rentan terhadap penularan penyakit, mengingat jumlah santri yang sangat banyak pada satu lokasi.

Baca Juga: Pihak Doddy Sudrajat Sebut Uang Donasi Gala Sky Berpotensi Ganggu Negara

Ia mengatakan, bila satu orang menderita suatu penyakit, maka penularannya akan sangat cepat.

“Permasalahan yang sering ditemui hampir di semua pondok pesantren adalah
rentannya santri dari berbagai penyakit menular, seperti kudis (skabies), diare , cacar, gatal di kepala akibat kutu, hepatitis dan lain-lain. Padahal, hampir semua penyakit yang disebutkan di atas sebetulnya dapat dilakukan pencegahannya melalui perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS),” katanya dikutip DepokToday.com pada Jumat, 7 Januari 2022.

Hal ini dikuatkan dari paparan dr. Prima Sesari Saraswati selaku Kasie. Kesehatan Keluarga Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan. Ia memaparkan, penyakit yang umumnya terjadi di pesantren dapat dicegah dengan menegakkan PHBS dan itu dimulai dari diri sendiri.

Baca Juga: Nggak Bikin Bokek, Ini Resep Alami Sembuhkan Radang Usus

Halaman:

Editor: Zahrul Darmawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X