Dinkes Jabar Minta Depok Suntikkan Vaksin COVID-19 ke 200 Ribu Anak Sampai Akhir Tahun

- Selasa, 14 Desember 2021 | 12:10 WIB
Proses skrining kepada siswa SDN Depok 01 sebelum disuntikkan vaksin COVID-19 khusus untuk anak, Selasa 14 Desember 2021. (Depoktoday.com)
Proses skrining kepada siswa SDN Depok 01 sebelum disuntikkan vaksin COVID-19 khusus untuk anak, Selasa 14 Desember 2021. (Depoktoday.com)

DepokToday – Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat Nina Susana Dewi berharap, kota dan kabupaten yang ditunjuk mengawali pelaksanaan vaksinasi COVID-19 anak 6-11 tahun dapat menyelesaikan target yang diberikan akhir tahun ini termasuk Kota Depok.

Ada sembilan kabupaten kota yang mengawali pelaksanaan kick-off pemberian vaksin anak di Jawa Barat dengan target 1,4 juta.

“Target sekarang baru diperuntukkan untuk sembilan kabupaten kota dulu, ada sekitar 1,4 juta anak 6-11 tahun,” kata Nina saat meninjau pelaksanaan kick-off vaksinasi anak 6-11 tahun di SDN Depok 01, Kecamatan Pancoran Mas, Selasa 14 Desember 2021.

Kesembilan kabupaten kota itu diantaranya Kota Depok, Kota Banjar, Kota Bandung, Kota Bekasi, Kota Bogor dan Kota Cimahi, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Ciamis, dan Kabupaten Bekasi.

Nina mengatakan alasan menunjuk sembilan kabupaten/kota itu karena baru wilayah itu yang memenuhi persyaratan yakni melewati target 70 persen untuk dosis pertama vaksinasi dewasa dan lebih dari 60 persen vaksinasi untuk lansia.

“Yang belum mencapai target itu, belum diperbolehkan vaksinasi anak 6-11 tahun,” kata Nina.

Untuk Kota Depok sendiri, lanjut Nina, ia memberikan target 200 ribu anak bisa memperoleh vaksin COVID-19 sampai dengan tanggal 31 Desember 2021.

“Diharapkan sebetulnya secepatnya ya, di Depok ada 200 ribu anak, nah hari ini kan ada sekitar (lebih dari) 250 anak yang divaksin, kalau mereka tiap hari bisa segitu, 10 hari bisa selesai kan, jadi dalam 2021 bisa selesai,” kata Nina.

Alasan Nina menggenjot percepatan vaksinasi ini adalah guna mempercepat herd immunity di Jawa Barat, “Diharapkan se jawa barat lebih meningkat lagi yang sudah divaksinnya sampai ke anak-anak sehingga herd immunity jabar bisa tercapai lebih cepat,” kata Nina.

Menanggapi hal itu, Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono meminta agar target lebih dimundurkan. Alasannya, mengacu pada pelaksanaan vaksinasi pada tingkat SMP dan SMA yang diberikan tenggat hingga dua bulan.

“Mungkin dua bulan kali ya, sama seperti SMP dan SMA kemarin, kita targetnya dua bulan, mudah-mudahan (vaksinasi anak) ini juga bisa tercapai dua bulan,” kata Imam. (ade/*)

Yuk, ajak keluarga ke MuslimaFest 2021 by Amitra pada 17-19 Desember 2021 di Smesco Exhibition Hall, Jakarta. Akan ada talkshow bareng artis, kajian bersama Ustaz Syam dan Ustazah Syifa, bazar dan entertainment.

Ikuti lomba masak, fashion anak, dan mewarnai. Berhadiah total puluhan juta. Segera daftar di s.id/muslimafest/

Editor: Ade Ridwan - Depoktoday

Tags

Terkini

SDN Bedahan 03 Menggelar Perkemahan Jumat Sabtu

Selasa, 4 Oktober 2022 | 08:00 WIB
X