Pemkot Minta Camat-Lurah Awasi Penjualan Hingga Pemotongan Kurban

- Senin, 21 Juni 2021 | 10:36 WIB
Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono (tengah) saat melakukan rapat terkait pelaksanaan kurban. (Isimewa)
Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono (tengah) saat melakukan rapat terkait pelaksanaan kurban. (Isimewa)

DEPOK – Walau pelaksanaan pemotongan hewan kurban masih sebulan lagi. Tapi, Pemerintah Kota Depok terus mengingatkan mekanisme kegiatan yang perlu disesuaikan pada masa pandemi ini.

Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono menyebutkan, kegiatan penjualan sampai ke lokasi pemotongan hewan harus diawasi oleh lurah hingga camat. Mereka bisa berkordinasi dengan pengurus lingkungan pada tingkatan RT. Dia mewanti-wanti agar pelaksanaan pemotongan hewan ini tidak sampai menimbulkan klaster COVID-19 baru.

“Peran RT-RW, lurah dan camat dalam membina dan memberi izin kepada para pedagang yang ada di Kota Depok,” kata dia dilansir pada Senin 21 Juni 2021.

Dengan adanya kordinasi yang dilakukan lurah dan camat, nantinya lokasi pemotongan hewan kurban bisa ditentukan dengan selektif. Jika tidak tepat atau selektif, lapak hewan sangat berpotensi menimbulkan dampak lain, seperti bau dan limbah kotoran.

Baca juga: Kenalin Nih, 8 Kapal Perang Canggih yang Bakal Dimiliki Indonesia

Setiap pemilik lapak hewan kurban juga diwajibkan memiliki izin dari camat dan lurah. Selain itu, pemilik lapak harus memberikan surat pernyataan bertanggung jawab atas lapaknya berjualan.

“Ini perlu juga pengawasan dari Satpol PP di setiap tempat penjualan hewan kurban,” terang dia.

Selain Satpol PP, pengawasan juga bisa dilakukan warga masyarakat untuk mengingatkan pedagang bertanggung jawab kepada kotoran hewan, jangan sampai kotoran hewan dibuang ke sembarangan tempat, seperti sungai atau situ.

“ Kami juga ingatkan panitia harus lebih proaktif dan selektif dalam pemilihan dan penanganan hewan. Karena petugas pemeriksa hewan kurban tahun ini jumlahnya terbatas,” ucap dia. (lala/*)

Editor: Nur Komalasari - Depoktoday

Tags

Terkini

Jalan Margonda dan Sekitarnya Macet Akibat Banjir

Selasa, 16 Agustus 2022 | 19:03 WIB
X